Waduuhh...! 100 miliar dollar cuma bisa beli telur tiga biji


Warga Zimbabwe yang pada pekan ini pasca pemerintahnya menarik peredaran uang lokal dan menggantinya dengan uang dollar AS. Penarikan tersebut dikarenakan nilai dollar Zimbabwe sudah sangat jatuh dan tidak berharga lagi.

Hiperinflasi yang terjadi beberapa tahun lalu menghancurkan nilai tukar dollar Zimbabwe. Saat ini, 1 dollar AS setara dengan 35 kuadriliun dollar Zimbabwe. Jumlah 35 kuadriliun ialah angka 35 dengan deretan 15 angka nol di belakangnya.

Pada puncak krisis ekonomi Zimbabwe pada tahun 2008, harga barang-barang kebutuhan pokok melonjak naik dua kali sehari. Guna membeli kebutuhan pokok, seperti roti atau susu, warga Zimbabwe harus menyediakan beberapa kantong plastik untuk membawa segepok uang.

Karena begitu tidak berharganya mata uang lokal Zimbabwe, pada tahun 2009, warga Zimbabwe lebih banyak menggunakan mata uang asing, seperti dollar AS dan juga mata uang Afrika Selatan, rand, dalam transaksi sehari-harinya.

Pecahan tertinggi yang pernah dicetak Bank Sentral Zimbabwe (RBZ) ialah 100 triliun dollar yang cuma cukup untuk ongkos naik bus selama sepekan. Bahkan uang sebesar 100 miliar dollar Zimbabwe cuma bisa ditukar dengan tiga biji telur.

Sebuah situs belanja online Zimbabwe menawarkan dua gulung sosis dengan harga 50,7 kuadriliun dollar Zimbabwe atau sama dengan Rp 19.000. Pembersih toilet dihargai 102,5 kuadriliun dollar Zimbabwe atau sama dengan Rp 40.000, dan sepasang sarung tangan lateks bisa di dapatkan dengan harga 107,4 kuadriliun dollar Zimbabwe atau hampir Rp 50.000.

Akan tetapi, mulai pada hari Senin 16 Juni 2015 waktu setempat, warga Zimbabwe bisa mengucapkan selamat tinggal untuk mata uang mereka yang tidak berharga tersebut. Pada hari Senin, warga Zimbabwe bisa pergi ke bank setempat untuk menukarkan uang lama mereka dengan uang dollar AS.

Setiap orang yang menukarkan 250 triliun dollar Zimbabwe akan mendapatkan 1 dollar AS. Yang berarti, pemilik uang sebesar 100 triliun dollar Zimbabwe cuma akan mendapatkan uang sebesar 40 sen AS atau kurang dari Rp 7.000.
LIKE & SHARE

0 Response to "Waduuhh...! 100 miliar dollar cuma bisa beli telur tiga biji"