Sakit perut,ternyata di dalam perutnya ada sebanyak 420 batu


Dokter di Rumah Sakit Dongyang, Provinsi Zheijang, China terkejut saat menemukan 420 kerikil di dalam sebuah ginjal kiri seorang pria pada hari Jumat minggu lalu 5 Juni 2015.

Pasien yang sering mengeluhkan sakit perut berkepanjangan membuat dokter melakukan CT Scan terhadap perut pria itu, dan anehnya, sebanyak 420 batu kerikil yang ternyata menjadi sebab sakitnya pria itu.

"Saya sangat kaget bagaimana bisa batuan itu ada di dalam ginjalnya, cara satu-satunya ialah mengambil ginjal tersebut karena sudah tidak dapat berfungsi dengan baik," kata dokter yang sudah delapan tahun berpengalaman di bidang ginjal.

Pria itu pada 20 tahun yang lalu pernah mengalami operasi ginjal dan sudah melakukan pengobatan dengan metode penghancuran batu ginjal atau lithotripsy. Akan tetapi kali ini metode lebih ekstrem yang akan dilakukan oleh tim dokter untuk menolong kelangsungan ginjal pria ini.

Seorang dokter yang menjelaskan kepada wartawan mengatakan jika sudah membersihkan semua batu itu menggunakan tang, dengan mengambilnya satu per satu selama dua jam.

Diduga, penyebab utama menumpuknya batu di ginjal pria ini ialah hobinya yang suka makan Tahu Gipsum. Makanan yang sarat dengan kalsium sulfat yang tinggi dengan tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang mencukupi.

"Tahu Gipsum makanan tradisional China atau yang terkenal dengan nama tofu, memang mempunyai kandungan kalsium sulfat tinggi yang sangat berbahaya jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi air putih," kata dokter.
LIKE & SHARE

0 Response to "Sakit perut,ternyata di dalam perutnya ada sebanyak 420 batu"