Dynastor darius, ulat yang mirip dengan ular


Pada saat lihat gambar tersebut, apa yang ada di dalam pikiran kalian ialah seekor ular yang ingin cari mangsanya. Akan tetapi jangan sampai tertipu, gambar itu tidak menunjukkan kepala ular yang ganas, tapi itu adalah seekor ulat yang berada di dalam kepompong.


Namanya ialah Dynastor darius, salah satu jenis ulat yang tidak berbahaya. Ulat tersebut mempunyai bentuk yang unik dan mirip kepala ular yang mengerikan. Pada saat menjalani tahap kehidupan dari ulat jadi kepompong, Dynastor Darius akan kesulitan untuk menghindari hewan pemburu, sebab itulah bentuk kepompongnya yang mirip ular akan membantunya untuk menghindari hewan pemburu yang ingin memakannya.


Kepompong ulat yang berasal dari Trinidad tersebut kerap berbentuk menyerupai ular Gaboon vit viper. Kepompong yang tampak seperti kepala ular yang menakutkan itu tentunya akan menipu dan membuat hewan predator lari ketakutan dan tidak jadi untuk memangsanya. Transformasi kepompong menyerupai kepala ular itu cuma bertahan selama 13 hari.


Tidak cuma bisa menyerupai kepala ular, Dynastor darius juga bisa mengetahui ketika bahaya datang. Ketika itu, dia akan bergelantungan di sekitar dedaunan dan bergerak ke kanan atau kekiri guna menyerupai gerakan seekor ular. Dengan cara seperti itu, predator yang mulanya akan menyerang malah ketakutan.


Di dalam rantai makanan, ulat dilihat sebagai makanan yang kaya protein oleh banyak hewan pemburu lainnya. Sebab ulat kerjaannya cuma makan dan makan sampai tubuhnya membesar dan siap untuk tahap kepompong. Oleh karena itu, ulat sangat membutuhkan pertahanan yang kuat guna mencegah hewan pemangsa lain menyantapnya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Dynastor darius, ulat yang mirip dengan ular"