Naga sepanjang 29 meter dan seberat 35 kg dibuat hanya dengan bahan jerami


Sebuah patung naga besar biasanya dibuat dari bahan kayu atau logam. Akan tetapi patung naga yang satu ini sangat berbeda sekali. Seorang seniman berasal dari China, Fangze Yu, membuat patung naga cuma menggunakan bahan jerami.

Seniman yang sudah berusia 70 tahun tersebut menggunakan sekitar 83.600 jerami untuk membuat patung naga sepanjang 29 meter dan seberat 35 kg. Untuk membuatnya, Fangze Yu menghabiskan waktu sekitar empat bulan bekerja di tempat tinggalnya tersebut, di provinsi Jiangxi. Fangze Yu menggunakan 10 tehnik sulam yang berbeda untuk menghasilkan karya seninya itu.

Menariknya lagi, membuat naga menggunakan jerami adalah merupakan karya seni langka yang bersal dari dinasti Ming dan sudah dilakukan selama ratusan tahun. Patung naga yang dianggap melambangkan keberuntungan lalu dibakar di dekat sungai. Dengan begitu, warga percaya bahwa mereka sudah mengembalikan naga ke tempatnya semula dan itu akan memberkati mereka.

Fangze Yu sendiri merupakan seniman yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat untuk karya-karya seni hebatnya. Sejauh ini dia sudah membuat delapan karya besar menggunakan jerami.

Karya patung naganya dipamerkan di museum kota Jiujiang. Pembuatan patung naga dengan menggunakan jerami juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya leluhur di China.




LIKE & SHARE

0 Response to "Naga sepanjang 29 meter dan seberat 35 kg dibuat hanya dengan bahan jerami"