Pemuda ini berhasil temukan planet baru


Seorang remaja berumur 15 tahun yang bernama Tom Wagg sukses mengalahkan para astronom profesional saat dia menemukan planet baru ketika sedang kerja praktik di Universitas Keele, Staffordshie, Inggris.

Setelah mempelajari sekumpulan data dari kamera yang dipasang di Afrika Selatan Tom Wagg berhasil menemukan planet baru tersebut. Kamera itu selama ini memonitor jutaan bintang di Galaksi Bima Sakti.

Tom Wagg berhasil melihat setitik cahaya dari satu bintang yang berjarak seribu tahun cahaya. Kini setelah selama dua tahun mengamati, para ilmuwan meyakini cahaya samar tersebut akibat dari sebuah planet melintas di depan sebuah bintang dan cahayanya meredup.

"Saya sangat gembira sudah menemukan sebuah planet dan cukup terkesan karna jaraknya jauh sekali," ungkap Tom yang yang saat ini usianya sudah 17 tahun.

Planet yang berhasil ditemukan oleh Tom Wagg tersebut berukuran sebesar Planet Jupiter, planet terbesar dalam tata surya kita. Planet tersebut mengelilingi bintang di tata suryanya cuma dalam waktu dua hari.

Dengan temuannya tersebut, Tom Wagg menjadi orang termuda yang pernah menemukan planet.
LIKE & SHARE

0 Response to "Pemuda ini berhasil temukan planet baru"