Unik, sawah-sawah ini ada lukisan raksasanya


Di sebuah desa Inakadate, Prefektur Aomori, Jepang, sawah tidak hanya dijadikan sebagai lahan untuk bercocok tanam. Namun para petani di desa ini mampu mengubah ladang-ladang mereka jadi kanvas raksasa untuk melukis.


Semenjak tahun 1993, para petani di Inakadate menjadikan sawah mereka lebih berwarna dengan motif-motif cantik berukuran besar. Mereka menggambar di atas sawah dengan menanam beberapa jenis padi sekaligus mengikuti pola yang sudah dibuat sebelumnya.


Alhasil, warna-warni hijau dan kuning yang membentuk sebuah lukisan besar terpampang disawah. Ada yang menunjukkan gambar ikonik Marilyn Monroe sedang menahan roknya dari hembusan angin, lukisan geisha bergaya tradisional, Mona Lisa, dan juga Napoleon.


Gambar-gambar tersebut bisa bertahan selama musim tanam. Dan setiap tahunnya para petani Inakadate mengganti gambar di ladang mereka untuk menarik para pengunjung.

Sebelum jadi terkenal karena ladang-ladangnya yang mempunyai karya seni, Inakadate merupakan desa miskin yang hampir ditinggalkan oleh seluruh penduduknya. Satu-satunya nilai jual dari segi pariwisata yang bisa dibanggakan Inakadate ialah varietas padi berusia 2.000 tahun yang ditemukan di sana.


Pemerintah setempat sempat mendirikan taman hiburan yang bertema neolitikum di sana, tapi langkah tersebut gagal menarik para turis. Malah mendatangkan utang yang jauh lebih besar untuk desa.

Setelah sawah-sawah di Inakadate diubah menjadi karya seni hebat, barulah desa tersebut kembali hidup lagi. Sekarang ribuan turis dari seluruh Jepang berdatangan ke sana setiap tahunnya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Unik, sawah-sawah ini ada lukisan raksasanya"