Ular hijau ini mampu telan mangsa yang lebih besar darinya


Nicholas Cegalerba, seorang fotografer, tidak menyangka bahwa penelitiannya di taman nasional Bukit Barisan Selatan, Sumatera Utara (Sumut), bisa membuatnya melihat kejadian langka ketika seekor ular hijau merah sedang berburu di kegelapan malam.

Yang menariknya lagi, pria berusia 32 tahun tersebut berhasil mengambil foto saat mendebarkan ketika ular tersebut berhasil menangkap seekor kadal dan menelannya secara bulat-bulat di atas pohon.

Menurutnya, ular hijau merah tersebut menghabiskan waktu 30 menit untuk menelan kadal yang diprediksi mempunyai panjang 25 Cm dan tubuh yang hampir 5 kali lipat dari tubuh ular tersebut.


"Kadal tersebut baru saja terbangun di sebuah dahan, kemudian sekitar satu menit kemudian muncul ular yang langsung mematuk kepala kadal itu. Diperlukan waktu 2-3 menit sebelum kadal tadi akhirnya pingsan karena racun ular," kata Nicholas Cegalerba.

Ular yang bernama latin Trimeresuresus albolabris insularis itu memang tersebar di seluruh Indonesia. Ular itu tergolong ular ganas yang sering ditemui sedang menunggu mangsa di ranting pohon dan bambu di kawasan hutan.

Sebenarnya, makanan pokok dari ular Trimeresuresus itu adalah serangga, katak, atau burung-burung kecil, tapi sangat jarang sekali diketahui ular itu bisa memangsa seekor kadal pohon.

Ciri khas ular Trimeresuresus ialah tubuh yang ramping menyerupai ranting pohon, kepala segitiga, dan warna tubuh hijau dengan tambahan totol-totol putih.

Meskipun tubuhnya tampak kecil, ular yang bisa tumbuh sampai panjang dua meter itu memiliki racun yang cukup berbahaya untuk manusia, yaitu Hemotoksin. Apabila dipatuk, racun ular Trimeresuresus bisa menyebabkan kerusakan peredaran darah sampai kematian bila tidak segera ditangani secara cepat.
LIKE & SHARE

0 Response to "Ular hijau ini mampu telan mangsa yang lebih besar darinya"