Singapura adalah negara terbesar pemberi utang ke Indonesia


Diambil dari data resmi Bank Indonesia, asal utang Indonesia yang sudah tembus angka Rp 4.000 triliun tersebut terdiri dari tiga kreditor yakni negara asing, organisasi internasional, dan lainnya. Utang luar negeri Indonesia kepada beberapa negara capai USD 179,53 miliar.

Negara pemberi utang terbesar ke Indonesia ialah Singapura dengan nilai USD 60,14 miliar. Setelah itu Jepang yang memberikan utang ke Indonesia capai USD 31,97 miliar. Lalu disusul oleh Belanda yang memberikan utang sebesar USD 11,46 miliar. Kemudian, Amerika Serikat juga cukup besar dalam memberikan utang ke Indonesia yang mencapai USD 10,6 miliar.

Masih banyak negara lain yang memberikan utang ke Indonesia dengan nilai di bawah USD 10 miliar, di antaranya ialah Korea Selatan, Jerman, Prancis, China, Afrika, Inggris, Hongkong dan lain-lain.

Sementara utang luar negeri Indonesia kepada organisasi internasional mencapai USD 25,89 miliar. Berbagai organisasi memberi utang ke Indonesia seperti IBRD dengan nilai USD 12,18 miliar. Selain itu juga, ada lagi ADB dengan nilai USD 8,3 miliar. Selanjutnya ada IDB dengan utang luar negeri USD 605 juta dan masih ada beberapa organisasi internasional yang lainnya.

Di dalam data BI, Indonesia masih tercatat mempunyai utang ke IMF dengan nilai mencapai USD 2,76 miliar. Meskipun demikian, beberapa waktu yang lalu IMF membantah Indonesia masih mempunyai utang.

Adviser IMF, Benedict Bingham mengatakan bahwa Indonesia pada saat ini tidak mempunyai utang dengan IMF. Adapun utang tercantum dalam data statistik utang luar negeri Bank Indonesia tersebut merupakan kuota penyertaan modal Indonesia dalam bentuk mata uang khusus IMF, yang biasa disebut dengan special drawing rights (SDR).

"Berdasarkan dokumen perjanjian, alokasi SDR kepada seluruh negara anggota disesuaikan dengan proporsi kuota mereka di IMF. Hal ini dalam rangka menyediakan likuiditas tambahan buat negara anggota," ungkapnya.

Utang luar negeri Indonesia juga berasal dari sumber yang lainnya dengan nilai yang mencapai USD 94,4 miliar.
LIKE & SHARE

0 Response to "Singapura adalah negara terbesar pemberi utang ke Indonesia"