Telitilah sebelum membeli, ada kecurangan tabung gas 3 kg yang ditempeli lempengan besi


Sebuah kecurangan penjualan tabung gas elpiji 3 kilogram kembali terjadi. Kali ini, motif yang digunakan adalah dengan menambahkan lempengan besi untuk menambah berat tabung gas.

Kecurangan itu dituliskan oleh pemilik akun Facebook Olin Rombe Bunga. Di dalam tulisan yang diunggah pada hari Senin 20 Juli 2015, dia menemukan tabung gas 3 kg terdapat lempengan besi yang beratnya sekitar 3,5 ons.

"Sekedar imformasi aja klo beli gas 3 kilogram jangan diambil tabung seperti yang saya tunjuk ini. Karena besi yang ditempel itu tujuannya untuk mengurangi berat gas. Kadang ada juga yang sampai 3 tempelan besi. 1 tempelan itu beratnya kurang lebih 3,5 ons," tulis Olin Rombe Bunga.


Foto yang diunggah oleh Olin Rombe Bunga, lempengan besi itu berada di bagian dalam sebelah kiri dekat lubang gas. Lempengan sebesar kotak korek kayu tersebut dilas dan kemudian dicat warna hijau seperti cat tabung gas.

Pada saat sebelumnya, kecurangan penjualan gas 3 kg juga pernah diungkapkan oleh mantan ketua Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas Faisal Basri. Dia menjelaskan, setiap tabung gas 3 kg tidak diisi dengan penuh alias masih menyisakan ruang 5-10 persen. Dari situ mereka mengambil untung yang dijual ke Stasiun Pengisian Bahan Elpiji (SPBE). Satu tabung gas sekitar Rp 300.

Faisal Basri menaruh curiga setelah ada rekannya yang mencoba menimbang ulang tiap tabung gas di SPBE tapi dilarang oleh Pertamina.
LIKE & SHARE

0 Response to "Telitilah sebelum membeli, ada kecurangan tabung gas 3 kg yang ditempeli lempengan besi"