Cara mudah agar racun tidak menyebar saat dipatuk ular


Jenis binatang-binatang tertentu saja yang memiliki racun yang bisa menyakiti manusia atau bisa membunuh. Racun itu bisa terjadi karena gigitan, sengatan, atau cairan pada hewan tertentu. Karena racun bisa menyebar dengan cepat melalui pembuluh darah, maka baiknya Anda mengetahui cara memperlambat racun menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala umum yang ditimbulkan karena racun binatang ialah demam, lemah, pusing, dan jantung berdetak lebih cepat. Gejala itu juga bisa berbeda, tergantung jenis racunnya.

Dibawah ini adalah pertolongan pertama untuk mencegah penyebaran racun ke seluruh tubuh yang sudah di jelaskan oleh Alex Firth, dan kawan-kawan pada bukunya,100 Things to Know About Science, tentang penanganan racun hewan yang masuk ke tubuh manusia.

Membawanya ke rumah sakit

Usahakan sesegera mungkin membawa orang yang terkena racun ke rumah sakit. Rumah sakit memiliki obat untuk melawan racun yang sudah masuk ke dalam tubuh. Mendapatkan dosis anti racun yang tepat dari paramedis bisa mengurangi gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh racun itu.

Ikat perban di atas luka

Apabila bantuan medis atau rumah sakit terlalu jauh dari lokasi korban pada saat itu, ada cara lain untuk bertahan hidup sambil menunggu bantuan. Yang pertama ialah mengikat perban yang cukup kuat di atas luka.

Perban bisa diganti dengan kain atau apapun yang ada pada saat itu. Perban atau kain itu akan memperlambat aliran darah dan menghentikan penyebaran racun.

Posisikan luka di bawah jantung
Menjaga posisi luka tetap berada di bawah posisi jantung, bisa menghentikan racun masuk ke dalam aliran darah Anda, sebab beberapa racun langsung menyerang jantung dan juga saraf. Racun akan sangat berbahaya apabila sudah menyebar sampai ke jantung manusia.

Tidak melakukan apa-apa
Biasanya, korban yang terkena racun binatang akan panik, bingung, dan bergerak-gerak terus. Hal itu sangat tidak dianjurkan, karena panik akan menyebabkan darah mengalir lebih cepat, yang bisa membuat penyebaran racun lebih cepat. Maka dari itu lebih baik tenangkan dulu korban, dan buat korban untuk berbaring.
LIKE & SHARE

0 Response to "Cara mudah agar racun tidak menyebar saat dipatuk ular"