Bahaya dari memakai lensa kontak saat tidur


Seorang pria bernama Chad Groeschen (39) tidak menduga akan kehilangan penglihatan gara-gara lensa kontak. Sebenarnya dia merasa lensa kontak yang dipakainya aman, walaupun tetap dipakai ketika tidur.

"Penglihatan saya berbayang dan saya tidak bisa melihat," ucap pria asal Amerika tersebut dikutip dari laman abc7ny.

Pria yang sudah menggunakan lensa sejak setahun yang lalu itu mengaku terkejut karena dokter mengatakan matanya terkena infeksi ketika tidur. Dokter mata juga mendiagnosa bakteri berbahaya tersebut menyerang mata kirinya dan masuk sampai kornea mata ketika dia tidur.

"Selama 3 minggu, seperti ada paku sepanjang 8 inci yang menusuk ke mata saya. Saya tidak bisa melakukan apapun karena ketika melihat sinar mata saya sakit," katanya.

Sedikit demi sedikit penglihatan Groeschen mulai kembali pulih. Saat ini kemampuan melihatnya sudah 20 persen. Ia sudah bisa melihat sinar dan warna lagi.

"Jika dibiarkan, akan menyebabkan kebutaan permanen," terang Dokter Mata William Faulkner.

William Faulkner menyarankan untuk menghindari infeksi, para pemakai lensa kontak harus melepas lensa mereka ketika mandi atau berenang. Mereka juga harus mengganti lensa mereka 3 bulan sekali. Yang terpenting adalah melepas lensa kontak sebelum tidur.

"Resiko infeksi 10 kali lebih besar untuk orang-orang yang memakai lensa kontak ketika tidur," ungkapnya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Bahaya dari memakai lensa kontak saat tidur "