Misophonia adalah sejenis penyakit yang diartikan sebagai kebencian terhadap suara

Ilustrasi

Misophonia adalah sejenis penyakit yang diartikan sebagai kebencian terhadap suara. Mengalami misophonia adalah hal yang sangat mengganggu, kalian mungkin akan menjadi orang yang sangat membenci jika mendengar suara. Namun tidak semua suara dibenci oleh orang yang menderita misophonia. Biasanya suara-suara kecil yang mengganggu seperti detik jam, suara orang mengunyah, ketukan dari keyboard atau suara-suara yang berulang dan tidak dihiraukan oleh orang lain.

Penyakit Misophonia disebut mempunyai kedekatan dengan berbagai penyakit lain seperti Obsessive Compulsive Disorder dan gejala kecemasan. Biasanya penyakit Misophonia ini juga di derita oleh mereka yang menderita tinnitus atau penyakit telinga berdengung. Di Amerika Serikat, tinnitus dialami oleh 5 sampai 10 persen penduduk dewasa.

Sebab rendahnya toleransi seorang pengidap pennyakit Misophonia terhadap bunyi. Hal yang menimbulkan suara mengganggu dan berulang bisa jadi masalah yang besar dan membuat mereka menjauhkan diri dari situasi itu. Dan sebuah tepukan tangan pun bisa membuat seorang yang mengalami penyakit Misophonia menjadi tertekan. Hal inilah yang menyebabkan sering kali pengidap penyakit Misophonia menjauhkan diri dari kehidupan sosial.

Sikap menjauhkan diri dari kehidupan sosial itu membuat seorang pengidap penyakit Misophonia menjadi penyendiri dan terisolasi dari lingkungannya. Apabila kalian merasa sering terganggu dengan berbagai bunyi, maka segeralah periksakan diri kalian sebelum mengalami gejala penyakit Misophonia.
LIKE & SHARE

0 Response to "Misophonia adalah sejenis penyakit yang diartikan sebagai kebencian terhadap suara"