Demo ibu-ibu di Palembang dengan aksi memasak batu tuntut Jokowi turun


Rombongan ibu-ibu yang tergabung di dalam organisasi Masyarakat Miskin Kota (MMK) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar unjuk rasa menuntut Presiden Jokowi untuk turun dari jabatannya. Aksi demontrasi damai tersebut dalam rangka memperingati satu tahun kepemimpinan Jokowi-JK.

Di dalam aksi demo ibu-ibu tersebut, mereka membawa serta peralatan dapur dan kayu bakar. Kemudian massa memasak batu tersebut.

Weni (53), memasak batu adalah sindiran untuk pemerintah yang gagal dalam mensejahterakan rakyatnya. Karena sejumlah program yang dijanjikan pada saat pemilihan presiden 2014 yang lalu tidak pernah jadi kenyataan.

Massa juga menilai pemerintahan yang dipimpin oleh Jokowi-JK justru membuat rakyatnya semakin miskin. Karena seluruh harga sembako naik, tarif listrik juga naik, dan beberapa sumber mata pencarian warga menurun karena turunnya harga sawit dan karet.

"Kami menuntut Jokowi mundur dari presiden. Jokowi gagal pimpin Indonesia," tutur Weni (53) ketika berorasi di Bundaran Air Mancur Palembang,(Sumsel) Selasa 20 Oktober 2015.

Dari aksi masak batu itu, kata Weni (35), supaya Jokowi menyaksikan langsung penderitaan rakyatnya.

"Rakyat tidak bisa lagi membeli lauk untuk makan, jadi batu yang dimasak," katanya.

Sementara koordinator aksi demo tersebut, Arifin Kalender menyatakan, pendapatan warga sekarang ini tidak sebanding dengan harga operasional, belum lagi terjadi PHK dan angka kriminalitas meningkat drastis.

"Ini yang terjadi di Indonesia, masyarakat menjerit karena semakin miskin," ucapnya.

Jokowi juga dinilai tidak bisa menyelesaikan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah. Yang mengakibatkan puluhan ribu warga mengidap penyakit pernapasan (ISPA), bahkan beberapa bayi meninggal dunia karena terpapar kabut asap.

"Penderitaan rakyat tidak ada habis-habisnya, belum selesai satu, muncul masalah baru. Inilah kondisi bangsa kita saat ini," tandasnya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Demo ibu-ibu di Palembang dengan aksi memasak batu tuntut Jokowi turun"