Kebakaran hutan, ular Piton ini mati sambil melindungi telurnya


Musibah Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak cuma berdampak pada manusia tapi juga Satwa liar yang jadi korbannya.

Seekor ular piton juga ikut mati terpanggang karena berusaha melindungi telur-telurnya dari kobaran api yang membakar area hutan di Desa Anjir, Kecamatan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ular piton sepanjang dua meter tersebut melingkar di sebuah ranting pohon. Kepalanya berada di pangkal ranting pohon, sedangkan tubuhnya melingkar ke bawah. Dan bagian ekornya berada di atas kepala.

Keadaan ular tersebut ketika ditemukan sangat mengenaskan. Sebagian kulitnya terkelupas sampai terlihat dagingnya yang berwarna merah.

Enam telur seukuran kepalan tangan berada dibagian perut ular. Apabila diperhatikan dengan jeli, posisinya seperti seorang ibu yang sedang menggendong anaknya.

Sementara empat telur yang lainnya berada di atas ekor dan di antara cabang pohon. Dan tiga lagi telurnya ditemukan sudah pecah.

Kesepuluh telur tersebut kondisinya sudah rusak. Banyak terdapat lengkungan dan warna kusam di cangkang telur karena terbakar.

Ular piton malang itu ditemukan oleh seorang anggota Brimob Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Bripda Muhammad Zainuddin. Ia sudah sebulan ini diperbantukan ke Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

"Saya melihatnya miris. Pertama melihat ular saya pikir masih hidup, ternyata sudah mati, dan matinya kayak melindungi," tutur Zainuddin yang biasa dipanggil Zaen.

Bripda Zaen mulanya menemukan piton betina tersebut berada di sarang dengan posisi melingkari telur. "Lokasinya ada di semak-semak hutan yang terbakar. Saat itu, pemadaman dilakukan pada sore hari, sekitar pukul 15.00 WIB, Senin 19 Oktober 2015," imbuh Zaen.

Bripda Zaen kemudian menyelamatkan ular piton yang sudah mati tersebut beserta telur-telurnya ke lokasi aman di pinggir jalan.

"Di semak di tengah hutan, posisinya sama seperti itu. Terpanggang mengering," kata Bripda Zaen.

Bripda Zaen bersama lima orang temannya kemudian mengubur ular tersebut di sekitar lokasi kejadian. Saat ini Bripda Zaen bersama dengan puluhan anggota Brimob masih berada di lokasi dan terus berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

"Tadi malam ada yang bakar lagi lahan warga. Tapi masih diselidiki," kata Bripda Zaen.
LIKE & SHARE

0 Response to "Kebakaran hutan, ular Piton ini mati sambil melindungi telurnya"