Rusia mengancam akan memblokir situs Google,Facebook,dan juga Twitter


Sebuah Negara konservatif seperti China, Korea Utara, dan juga Arab Saudi dikenal suka  melakukan sensor terhadap internet, termasuk Google dan juga Facebook. Kini ada satu lagi negara maju yang jumlah penduduknya hampir sebanyak Indonesia yang mengancam akan memblokir situs-situs tersebut,yaitu Rusia.

Namun bedanya, pemerintah Rusia melalui Roskomnadzor, badan khusus yang mengatur media dan komunikasi luar negeri, mengancam akan melakukan pemblokiran sebab alasan yang tidak lazim. Roskomnadzor menuntut Google, Facebook, dan juga Twitter untuk memberikan data blogger Negeri Beruang Merah.

Belum ada informasi lanjutan mengenai Roskomnadzor melakukan ancaman tersebut dan menginginkan data itu, akan tetapi mereka meminta data blogger Rusia yang mempunyai pembaca harian 3000 lebih. Tidak cuma itu saja, pemerintah Rusia juga meminta situs-situs tersebut untuk menghapus konten yang bisa memicu protes atau aksi-aksi massal ilegal.

Ancaman pemblokiran tersebut menuai banyak kritikan mengingat pada tahun lalu Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan internet berada di luar kontrol pemerintah. Terlebih lagi, sebelumnya Rusia juga sudah mengeluarkan undang-undang yang memberikan kewenangan untuk jaksa guna memblokir situs internet tertentu tidak harus masuk pengadilan.

Dari pihak Google, Facebook, dan juga Twitter belum mengkonfirmasi apakah pihaknya akan mengikuti permintaan Roskomnadzor. Akankah ketiga situs besar tersebut akan tunduk terhadap pemerintahan Rusia...?
LIKE & SHARE

0 Response to "Rusia mengancam akan memblokir situs Google,Facebook,dan juga Twitter"