Pemerintah Turki kirim kapal perangnya untuk membantu selamatkan pengungsi rohingya di Aceh

Ilustrasi kapal perang Turki
Pemerintahan Turki mengirimkan kapal perangnya menuju perairan di sekitar Aceh. Pengiriman kapal tersebut dimaksudkan guna menyelamatkan para pengungsi Rohingya yang terombang ambing di sekitar Asia Tenggara.

"Pemerintah sudah menginstruksikan kapal perangnya berlayar menuju Asia Tenggara untuk bergabung dengan utusan internasional dalam membantu pengungsi Rohingya," ungkap Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu.

Tidak cuma itu saja, pemerintah Turki juga menyumbangkan dana sebesar USD 1 juta sebagai bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya dan Bangladesh. Bantuan tersebut diserahkan melalui lembaga PBB untuk pengungsi.

"Turki juga akan mencoba membantu operasi kemanusiaan untuk memastikan tersampaikannya bantuan kemanusiaan terhadap Rohingya dan Bengladesh yang terombang ambing di laut lepas," pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

Seperti diketahui, ratusan pengungsi Rohingya dilaporkan memasuki perairan Thailand semenjak awal bulan ini. Keberadaan mereka menyusul pengungsi lain yang terdampar di wilayah Indonesia.

PBB memperkirakan masih ada ribuan pengungsi yang terombang ambing di lautan usai ditinggalkan begitu saja oleh pihak yang memfasilitasi mereka untuk keluar dari Myanmar. Dari data yang ada, lebih dari 25 ribu etnis Rohingya keluar dari negerinya selama tiga bulan terakhir ini.
LIKE & SHARE

0 Response to "Pemerintah Turki kirim kapal perangnya untuk membantu selamatkan pengungsi rohingya di Aceh"