Penyebar aplikasi pencuri foto ditangkap

Ilustrasi photobucket
Sebuah Departemen Kehakiman di Amerika Serikat baru-baru ini menangkap dua orang tersangka yang sudah menyebarkan aplikasi pembobol akun penyimpanan foto yang disebut dengan "Photobucket."

Dengan aplikasi itu, para pengguna bisa mencuri password suatu album di layanan penyimpanan foto online Photobucket kemudian mengunduh foto-foto yang sifatnya pribadi, termasuklah foto-foto yang tidak senonoh.

Dua orang yang sudah ditangkap ialah Brandon Bourret dari Colorado dan Athanasios Andrianakis dari California. Departemen Kehakiman AS menangkap mereka berdua dengan barang bukti berupa percakapan e-mail yang membahas tentang transaksi Photobucket.

Keduanya menghadapi tuntutan penyalahgunaan dan penipuan dalam menggunakan komputer, pencurian akses dan dokumen pribadi, dan penyalahgunaan internet.

Hukum di AS mengatur penyalahgunaan akses perangkat dengan hukuman penjara yang cukup lama, sampai sepuluh tahun di penjara negara bagian atau denda sebesar 250 ribu dollar AS.

Munculnya aplikasi pembobol album pribadi Photobucket ini berawal dari sebuah kanal di situs Reddit yang membahas mengenai celah keamanan yang dimiliki oleh Photobucket.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, para pengguna bisa mengakses album yang diatur sebagai album pribadi. Dan album tersebut biasanya digunakan guna menyimpan foto-foto selfie yang memuat foto tidak senonoh.

Situs Reddit pun kerap dijadikan sebagai tempat mendistribusikan link atau tautan yang berisi foto tidak senonoh para artis-artis ternama, misalnya pada kasus foto selfie tidak senonoh sejumlah artis Hollywood yang dibobol dari akun iCloud mereka beberapa waktu yang lalu.
LIKE & SHARE

0 Response to "Penyebar aplikasi pencuri foto ditangkap"