Manfaat kangkung untuk kesehatan


Anda semua tentu sudah kenal dengan yang namanya kangkung,kangkung adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang sangat terkenal di Indonesia. Tanaman kangkung ini biasanya bisa ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Di India,sayur kangkung dikenal sebagai paani palak.

Berikut ini 6 manfaat kangkung untuk kesehatan :

1. Bisa mengurangi kolesterol

Sayur kangkung ialah pilihan yang pas untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada seekor tikus membuktikan bahwa mengkonsumsi kangkung bisa menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida atau salah satu jenis lemak.

2. Penyakit kuning dan hati

Sayur kangkung sudah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah pada hati. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati sebab mempunyai sifat antioksidan.

3. Bisa mengobati anemia

Sayur kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat untuk orang yang terkena anemia dan wanita hamil yang membutuhkan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah guna pembentukan hemoglobin.

4. Bisa mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Sayur kangkung kaya akan serat yang bisa mencegah gangguan pencernaan. Sayur kangkung ini bisa jadi semacam pencahar untuk orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

5. Anti diabetes

Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayur kangkung secara rutin bisa menurunkan risiko diabetes. Sayur kangkung ini juga bisa digunakan untuk pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Bisa mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, sayur kangkung adalah makanan yang cocok untuk pencegahan kanker. Sayur kangkung ini juga dikatakan bisa mencegah kanker perut serta kanker kulit dan juga payudara.
LIKE & SHARE

0 Response to "Manfaat kangkung untuk kesehatan"