Apakah kenaikan pangkat Kombes Victor ada kaitannya dengan penangkapan BW...?


Belum lama mengenai penangkapan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Bambang Widjojanto (BW) oleh Bareskrim Mabes Polri. Tim penyidik Bareskrim menangkap BW dengan tuduhan mengarahkan saksi memberikan keterangan palsu pada sidang sengketa pemilihan kepala daerah Kabupaten Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi (MK).

Satu persatu penyidik yang telah menangkap BW naik jabatan, salah satunya adalah Kombes Victor Edi Simanjuntak. Victor yang dulunya bertugas sebagai anak buah Wakapolri Komjen Budi Gunawan di Kalemdikpol, sekarang ini menjabat sebagai Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri.

Anak buah Budi Gunawan (BG) tersebut langsung naik jabatan setelah ikut dalam penangkapan BW. Kenaikan jabatan tersebut berdasarkan surat Telegram Kapolri Nomor ST/493/III/2015, tertera nama Kombes Victor Edi Simanjuntak. Pada saat sebelumnya menjabat sebagai Kabagkermadiklat Robindiklat Lembaga Pendidikan Kepolisian diangkat menjadi Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menggantikan Brigjen (Pol) Kamil Razak.

Akan tetapi, ketika disinggung, Polri menepis jika kenaikan jabatan Victor merupakan upah dari perannya sebagai tim penyidik penangkapan pimpinana KPK BW. Menurut Polri, keputusan untuk menaikkan jabatan Victor telah melewati mekanisme yang sesuai di tubuh Polri.

"Orang yang tidak paham dan berada di luar pasti akan berpikir negatif. Tapi itu kan yang memimpin Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Bapak Wakapolri. Pesertanya tidak ada orang dari Lemdikpol," ungkap Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ronny Franky Sompie, di Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin 9 Maret yang lalu.

Ronny mengklaim bahwa dalam proses tersebut tidak melibatkan orang Lembaga Pendidikan Polri satu orang pun. Menurutnya, naiknya jabatan Kombes Viktor adalah keputusan Wanjakti yang dipimpin langsung oleh Wakapolri Komjen Badrodin Haiti.

"Wanjakti itu tidak melibatkan orang dari Lemdikpol, karena itu beda kewenangan itu kan kewenangan sumber daya manusia, asisten sumber daya manusia jadi pesertanya itu pimpinan Wakapolri, Irwasum Polri, Asisten Wakapolri, lalu Kadiv Propam Polri baru di bawahnya yang bintang satu Karo Paminal, Wakadiv Propam Polri, Karo Binkar di bawah ASDM Polri mana Lemdikpol. Lemdik Polri tidak ada," terangnya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Apakah kenaikan pangkat Kombes Victor ada kaitannya dengan penangkapan BW...?"