PBB menyerukan kepada negara-negara ini agar tidak mengusir migran Rohingya


Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyerukan kepada Negara Indonesia, Malaysia dan Thailand agar tidak mengusir kapal-kapal pembawa migran dan seharusnya menyelamatkan mereka.

Komisioner HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein mengatakan perhatian harus diberikan guna menyelamatkan nyawa sekitar 6.000 migran yang diperkirakan masih berada di lautan. Dikatakan bahwa mereka berasal dari suku Rohingya di Myanmar dan migran dari Bangladesh.

"Saya terkejut dengan adanya laporan-laporan bahwa Thailand, Indonesia dan Malaysia mengembalikan kapal-kapal yang penuh dengan migran ke laut, yang pada akhirnya akan menyebabkan banyak dari mereka meninggal dunia," ungkap Zeid Ra’ad Al Hussein, Jumat 15 Mei 2015.

"Fokus seharusnya diberikan untuk menyelamatkan jiwa, bukan membahayakan keselamatan mereka."

Pada satu sisi Komisioner HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein juga memuji Negara Indonesia yang sudah menerima ratusan migran dan Malaysia yang sudah menampung 1.080 orang selama beberapa hari terakhir.

Menurut PBB, kebijakan Myanmar terhadap etnik Rohingya menjadi pangkal persoalannya. Dinafikkan kewarganegaraan dan dipaksa untuk tinggal di kamp-kamp padat, mereka oleh PBB disebut sebagai korban diskriminasi yang melembaga dan sampai masalah itu ditangani, migrasi bakal terus akan terjadi.
LIKE & SHARE

0 Response to "PBB menyerukan kepada negara-negara ini agar tidak mengusir migran Rohingya"