Manfaat dari minyak Kanola bagi tubuh


Pernahkah Anda mendengar minyak kanola yang tidak kalah sehatnya dengan minyak zaitun. Minyak kanola adalah salah satu minyak terbaik untuk kesehatan. Yang terbuat dari biji bunga kanola yang rendah akan lemak jenuh dan mengandung Omega 3.

Komposisi asam lemaknya mirip dengan minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh sebanyak 94% dan sisanya sekitar 6% ialah asam lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak tidak jenuh, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tidak cuma itu saja, apabila dibandingkan dengan minyak yang lainnya, minyak kanola mengandung omega 3 lebih tinggi dan asam lemak Alpha-Linolenic Acid (ALA).  Kandungan ALA tersebut perlu dikonsumsi, sebab tubuh tidak bisa menghasilkannya. Sama halnya seperti minyak yang lainnya, minyak kanola bisa juga digunakan untuk menggoreng, menumis, dan juga untuk salad dressing.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, keberadaan minyak pada masakan memang bisa memberikan cita rasa yang sedap. Mendengar kata minyak biasanya akan terbayang kata-kata : gemuk, tidak sehat, dan tinggi kalori. Akan tetapi, bukan berarti kita harus menghindarinya, karena tubuh tetap membutuhkan lemak dari makanan untuk membantu kerja tubuh menjadi lebih baik, contohnya untuk cadangan energi dan membantu penyerapan vitamin A, D, E, K. Sebab itulah, diperlukan pemilihan minyak yang tinggi lemak tidak jenuh yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

“Melihat begitu buruknya efek timbunan lemak jenuh di dalam tubuh, pemerintah ambil andil mengeluarkan peraturan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 30 tahun 2013, batasan konsumsi minyak maksimal cuma 67 gram atau sama dengan 5 sendok makan. Di sisi lain, BPOM juga menetapkan semua makanan  kemasan harus menyantumkan jumlah kandungan garam, gula, dan minyak,” imbuh dr. Fiastuti dalam acara The Launching of Tropicana Slim Canola Oil di Locanda, Jakarta 13 Mei 1985.

Soalnya, mengkonsumsi minyak dengan lemak jenuh tinggi bukan cuma dapat meningkatkan kadar kolesterol pemicu penyakit jantung, namun juga meningkatkan resiko penyakit keganasan, diantaranya adalah penyakit kanker usus, kanker nasofaring, dan lain sebagainya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Manfaat dari minyak Kanola bagi tubuh"