Ilmuwan menemukan jenis katak beracun yang bisa membunuh manusia


Warnanya yang mencolok dan warna-warni pada sebuah binatang, terutama reptil bisa berarti sebuah tanda bahaya. Hal ini tercermin pada penemuan terbaru dari peneliti asal Panama. Mereka baru-baru ini berhasil menemukan spesies katak beracun baru dengan warna tubuh yang indah.

Tim peneliti dari gabungan dua perguruan tinggi di Panama menyatakan penemuan spesies katak Andinobates geminisae di daerah Donoso, Panama. Uniknya nama ilmiah dari katak tersebut diambil dari nama istri pemimpin penelitian, Geminis Vargas.

Pencarian terhadap spesies baru katak beracun tersebut dimulai dari tahun 2011 silam dengan melalui dua tahap penemuan. Pada saat ini spesimen katak beracun Andinobates geminisae sedang disimpan di tiga universitas di Panama. Ahli reptil di penelitian tersebut menyatakan bila pihaknya masih terus meneliti kombinasi warna dari spesies katak beracun, mengingat satu jenis spesies dapat mempunyai kombinasi warna dengan jumlah yang masif.

Salah satu spesies katak beracun baru yang ditemukan mempunyai warna oranye yang cukup cerah di seluruh tubuhnya. Peneliti yakin bila spesies ini hanya terdapat di lingkup habitat yang kecil, hingga mereka cukup khawatir dengan keberlangsungannya di masa depan. Mengingat saat ini banyak kolektor reptil yang mulai memburu katak-katak beracun karena keindahan warnanya.

Katak Andinobates geminisae dinilai masih kerabat dekat dari spesies katak beracun Oophaga pumilio. Katak jenis tersebut tidak terlahir dengan racun di tubuhnya, melainkan mendapatkan racun tersebut dari makanan. Akumulasi racun dari makanan akan dikeluarkan melalui kulit sehingga katak-katak beracun sangat berbahaya untuk disentuh.

Meski belum ada penelitian lanjutan terhadap kadar racunnya, akan tetapi katak Andinobates geminisae berpotensi mempunyai racun yang dapat membunuh manusia. Salah satu spesies katak beracun yang paling berbahaya bagi manusia adalah katak Phyllobates terribilis. Racun batrachotoxinnya diklaim dapat membunuh beberapa manusia dewasa sekaligus.

LIKE & SHARE

0 Response to "Ilmuwan menemukan jenis katak beracun yang bisa membunuh manusia"