Apabila digabungkan,berat semua semut sama dengan berat semua manusia


Apabila digabungkan, berat seluruh semut hidup yang di bumi ini sebanding dengan bobot manusia sejagat. Klaim ini pertama kali dinyatakan oleh profesor Edward O Wilson dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, dan ahli biologi asal Jerman Bert Hoelldobler di dalam buku mereka yang berjudul Journey to the Ants terbit satu dasawarsa yang lalu.

Perkiraan kedua ahli itu didasarkan pada pendapat C.B. Willimas, pakar entomologi asal Inggris. Dia pernah menghitung semut hidup di planet ini yang berjumlah satu juta triliun.

Menurut Wilson dan Hoelldobler, berat rata-rata semut pekerja 1-5 miligram. “Pada saat semua semut ditimbang, berat mereka sama dengan bobot seluruh manusia.”

Akan tetapi Francis Ratnieks, profesor lebah di Universitas Sussex, Inggris, meragukan klaim ke dua ilmuwan tersebut. Alasannya, jika berat rata-rata manusia 62 kilogram. Artinya berat rata-rata semut 60 miligram dengan asumsi berat satu semut sepersejuta dari berat seorang manusia.

“Ada semut seberat 60 miligram, tapi itu semut benar-benar besar,” ungkapnya. Dia menambahkan berat rata-rata semut hidup di Inggris 1-2 miligram.
LIKE & SHARE

0 Response to "Apabila digabungkan,berat semua semut sama dengan berat semua manusia"