Tujuh gereja di Nigeria daihancurkan massa karena ulah Charlie Hebdo

Sekitar tujuh gereja di Nigeria dibakar oleh massa dalam kerusuhan protes kartun Nabi Muhammad SAW yang muncul dalam sampul tabloid satir Prancis Charlie Hebdo. Massa juga menyisir Ibu Kota Niamey untuk meluapkan kemarahan mereka ke tempat ibadah umat Kristen tersebut.

Massa merusak dan membakar tujuh gereja aliran evangelis banyak di pinggiran sungai membelah Niamey. Mereka juga masuk ke sejumlah bangunan walaupun tanpa lambang keagamaan tapi diyakini itu rumah ibadah non-muslim.


Perusakan gereja sudah terjadi sejak kemarin. Sekitar 100 personil dari kepolisian berjaga-jaga di seputar katedral di Niamey guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Prancis mengutuk keras perusakan ini dan menghimbau warganya agar tetap berada di rumah selama kekerasan terjadi di Nigeria. Selain gereja, bangunan dan bisnis yang berhubungan dengan Prancis juga diserang termasuk kios telepon yang dikelola perusahaan Prancis, Orange.

Kekerasan tersebut bermula dari tewasnya tiga warga sipil dan 45 korban luka akibat bentrok polisi dan pengunjuk rasa anti-Charlie Hebdo di Kota Zinder.
LIKE & SHARE

0 Response to "Tujuh gereja di Nigeria daihancurkan massa karena ulah Charlie Hebdo"