Apa kata dunia jika tersangka jadi Kapolri


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengatakan kelayakan Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan untuk menjadi calon Kapolri erat dengan integritas sosok tersebut. Menurut Hamdan, penetapan seseorang menjadi tersangka sangat berpengaruh terhadap integritasnya.

"Faktanya KPK menetapkan Pak Budi Gunawan sebagai tersangka. Apapun proses nanti selanjutnya walaupun diterapkan asas praduga tidak bersalah, nilai-nilai moral integritas, artinya layak dan tidak layak itu yang berkaitan dengan integritas. Itu kan yang akan dilakukan oleh DPR. Kalau seseorang ada dalam keadaan tersangka, sangat mempengaruhi integritas,".

Hamdan juga mempertanyakan proses seleksi calon Kapolri yang sudah berstatus tersangka KPK. Hamdan meyakini, apabila seseorang tersangka KPK lolos menjadi Kapolri, yang akan mempertanyakan proses pemilihan sosok tersebut bukan hanya dirinya, melainkan seluruh dunia akan menoleh sistem hukum di Indonesia.

"Masa seorang Kapolri adalah tersangka. Dan seorang tersangka lolos sebagai Kapolri apa kata dunia...? Apa lagi yang mau di fit and proper test," ungkap Hamdan.

Akan tetapi disisi lain, Hamdan mengakui mengenal sosok Budi Gunawan terlepas dari statusnya sebagai tersangka KPK. "Saya kenal Pak Budi Gunawan, orangnya baik, sangat profesional. Penetapan tersangka, legitimasi publik," pungkas Hamdan.
LIKE & SHARE

0 Response to "Apa kata dunia jika tersangka jadi Kapolri"