Presiden Jokowi secara mendadak mencopot Kepala Bareskrim Polri


Presiden Joko Widodo secara mendadak mencopot Komjen Pol Suhardi Alius dari jabatan sebagai Kepala Bareskrim Polri. Suhardi dikabarkan juga sudah dipindahtugaskan ke Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Sementara kabar yang beredar, posisi kabareskrim pada saat ini bakal digantikan oleh Irjen Budi Waseso.

Pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar mengaku sangat khawatir mutasi secara mendadak di dalam lingkungan Polri dapat memecah belah Korps Bhayangkara. Apalagi, jika pergantian jabatan tinggi kepolisian terdapat intervensi dari luar dengan mengubah-ubah susunan personel.

"Personel pejabat tinggi masih kondusif, tidak ada masalah, tidak perang-perangan, mungkin ada kecemburuan, kenapa harus diubah-ubah. Jangan sampai ubah-ubah ini akan jadi masalah jadi rumit lagi," jelas Bambang.

Bambang mengaku bingung dengan mutasi besar-besaran di tingkat perwira tinggi tersebut, apalagi perubahan yang dilakukan sebelum Komjen Pol Budi Gunawan resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Apalagi, salah satu pejabat yang terkena imbas mutasi tersebut adalah Komjen Suhardi Alius.

"Budi Gunawan belum dinyatakan, belum dilantik kok ada perubahan. Kalau ini ide Pak Sutarman, saya itu urusan Pak Sutarman, tapi saya khawatir kalau dari luar," lanjutnya.

Menurutnya, kondisi kondusif yang tengah berlangsung pada saat ini terus dijaga. Akan tetapi, jika terjadi intervensi dari luar, termasuk intervensi politik, dia khawatir perpecahan di tubuh Polri seperti era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid kembali terjadi. Saat itu, kepolisian terpecah menjadi beberapa faksi.

"Ini pikiran saya, jangan sampai mutasi-mutasi ini ada intervensi dari luar. kalau tidak dijaga baik-baik, bisa menimbulkan kontradiksi yang tajam. Seperti pada tahun 2001, saya sendiri ditangkap, ada kubu Khaeruddin, Salim dan Bimantoro. Yang satu dukung pemerintah yang satu, yang satu dukung pemerintahan yang lain dan saling bertentangan. Ini yang kita jaga agar tidak terjadi," pungkasnya. Indonesia sepertinya mulai kacau.
LIKE & SHARE

0 Response to "Presiden Jokowi secara mendadak mencopot Kepala Bareskrim Polri"