Akhirnya,Black box AirAsia QZ 8501 ditemukan


Pada hari ke-15 pencarian pesawat AirAsia QZ 8501, Tim SAR telah berhasil menemukan kotak hitam atau black box milik AirAsia QZ8501. Tim Penyelam TNI AL di KN Jadayat yang sukses menemukan alat perekam semua komunikasi pesawat naas yang jatuh di Perairan Karimata.

Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono, menjelaskan bahwa black box ditemukan pada posisi 03.37.21 S / 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30 sampai 32 meter.

"Black box berada pada himpitan serpihan badan pesawat, keadaan ini sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses pengambilannya," ungkap Tonny melalui siaran pers, Minggu (11/1).

Akan tetapi, kata Tonny, karena keterbatasan waktu, maka diputuskan proses pengambilan black box akan dilaksanakan besok pada pagi hari dengan menggeser perlahan-lahan serpihan badan pesawat itu.

"Namun apabila rencana penggeseran ini mengalami kegagalan maka tim akan melaksanakan dengan cara mengangkat serpihan badan pesawat tersebut dengan menggunakan teknik balon seperti yang sudah dilakukan pada ekor pesawat," terangnya.

Untuk memudahkan pekerjaan besok pagi, ungkap Tonny, maka tim penyelam TNI AL sudah memasang penanda pelampung kecil yang sebelumnya sudah disiapkan di KN Jadayat.
LIKE & SHARE

0 Response to "Akhirnya,Black box AirAsia QZ 8501 ditemukan"