Tahanan KPK sembunyikan uang di dalam buku


Macam-macam saja kelakuan tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Seakan tidak puas bikin perkara, di dalam penjara pun mereka masih coba-coba melanggar aturan.

Ada beberapa nama tahanan yang kedapatan menyembunyikan uang pada saat inspeksi mendadak pada 15 November yang lalu. Mereka adalah Anas Urbaningrum, Gulat Manurung, Mamak Jamaksari, Teddy Renyut, Tubagus Chaeri Wardana Chasan alias Wawan, Heru Sulaksano, Budi Mulia, Ade Swara, Annas Maamun, Romi Herton, Tafsir Nurchamid, Yesaya Sombuk, Syahrul Raja Sempurnajaya, Andi Mallarangeng dan Budi Susanto.

Tahanan wanita di rutan KPK juga tidak kalah degilnya. Ditemukan beberapa tahanan perempuan yang menyimpan uang tunai. Antara lain adalah Susi Tur Andayani dan Nur Latifah.

Juru Bicara KPK, Johan Budi, membeberkan secara langsung akal-akalan para tahanan tersebut. Dia mengatakan modus penyelundupan uang oleh tahanan dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari diselipkan di dalam buku hingga Berita Acara Pemeriksaan.

"Dalam praktiknya buku-buku yang disampaikan tersebut kita temukan ada hal-hal seperti buku ini. Ternyata di dalamnya ada beginian. Bahkan dulu di BAP-nya itu diselipin uang juga," Ungkap Johan sambil memperlihatkan bukti dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/11).

Johan mengatakan, cara lainnya ialah memberikan tahanan buku agak tebal tapi halaman isinya ternyata sudah dilubangi sedemikian rupa untuk diisi uang. Akan tetapi, sampulnya tetap dibiarkan mulus hingga tidak mencurigakan jika dilihat sekilas. Bahkan buat mengelabui para petugas, tahanan menyimpan uang di dalam buku doa sebagai kedok.

"Dalam buku zikir ada juga di dalam. Jumlahnya Rp 3,15 juta," lanjut Johan.

Ketika dikonfirmasi apakah mungkin ada main mata antara tahanan dengan para petugas rutan, Johan mengaku tidak tahu. Dia mengatakan sampai pada saat ini kepala rutan belum memberi penjelasan mengenai hal ini.

"Saya belum dapat penjelasan dari Ka Rutan. Mungkin bisa juga ada utusan pengacara disuruh ambil apa, buku atau apa. Mungkin diberi fee atau ongkos. Tapi saya belum dapat keterangan yang pasti dari Ka Rutan," tutur Johan.
LIKE & SHARE

0 Response to "Tahanan KPK sembunyikan uang di dalam buku"