Kaset game jadul laku Rp 450 juta


Ternyata untuk barang jadul seperti kaset video game lawas banyak orang yang rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkannya. Apalagi kaset-kaset game yang berhubungan dengan mitos masa lampau.

Sekitar 30 tahun yang lalu, Atari yang menjadi pionir dunia konsol game mengalami kegagalan pada saat membuat salah satu konsol game pertama mereka, Atari 2600. Untuk menutupi kegagalannya tersebut, muncul mitos yang mengatakan bahwa Atari mengubur kaset-kaset game dari Atari 2600 di gurun sekitar New Mexico, Amerika.

Akhirnya, pada bulan April yang lalu timbunan kaset game Atari 2600 sudah ditemukan terkubur di daerah pembuangan di Alamogordo, New Mexico. Sadar bahwa ini adalah salah satu peninggalan yang bernilai tinggi, pihak kota Alamogordo kemudian mulai menjualnya di situs jual beli eBay.

Dan ternyata hasilnya melebihi ekspektasi dari kelompok penggerak sejarah kota Alamogordo yang menjualnya. Bagaimana tidak, sekitar 100 kaset game dari Atari 2600 yang dijual pada awal bulan ini laku hingga mencapai  Rp 450 juta!

Salah satunya kaset game termahal yang berhasil dijual ialah sebuah game berjudul E.T (Extra Terrestrial) dengan nilai Rp 18,5 juta.

Menurut beberapa sumber, mitos yang menyelimuti kaset-kaset Atari lah yang menjadi alasan utama banyak kolektor game yang bersedia mengeluarkan dana besar hanya untuk kaset game jadul yang dibuat sekitar tahun 1970an tersebut. Apalagi, kaset-kaset itu digali di dekat lokasi peledakan bom atom di New Mexico.

Tidak mengherankan lagi jika akhirnya lelang di eBay tersebut berhasil menarik minat banyak calon pembeli dari luar Amerika, contohnya Swedia dan Jerman.
LIKE & SHARE

0 Response to "Kaset game jadul laku Rp 450 juta"