Danau merah putih


Di Sur Lipez, Bolivia terdapat sebuah laguna yang mempunyai pemandangan sangat luar biasa. Namanya adalah Laguna Colorada atau disebut juga laguna merah.

Laguna yang berdekatan dengan perbatasan Chile ini ialah salah satu danau dengan kondisi alamnya paling unik di dunia. Menurut situs Amusing Planet, Laguna Colorada merupakan bagian dari Eduardo Avaroa Andean Fauna National Reserve.

Termasuk danau garam dangkal, Laguna Colorada terkenal sebagai danau yang mempunyai dua warna yang menakjubkan, yaitu merah dan putih. Endapan merah sewarna darah di bagian luar danau disebabkan karna beberapa ganggang yang tubuhnya mampu menghasilkan pigmen warna merah. Sementara itu pada bagian tengahnya yang berwarna putih disebabkan karena endapan boraks di permukaan.


Tidak hanya kecantikan airnya yang menjadikan danau ini sangat istimewa. Laguna Colorada adalah habitat bagi aneka spesies burung. Tiga dari enam spesies flamingo yang ada di dunia menjadikan laguna ini sebagai rumahnya, yaitu flamingo Andes, Chile dan James.


Menurut situs Atlas Obscura, Laguna Colorada ialah satu dari sedikit tempat di muka bumi di mana flamingo James atau flamingo puna bisa ditemui. Karna burung yang satu ini sudah hampir punah.
LIKE & SHARE

0 Response to "Danau merah putih"