Siap eksekusi jika ada koruptor yang divonis mati,tapi nyatanya tidak ada


Kejaksaan Agung siap melaksanakan eksekusi apabila ada terpidana korupsi yang dijatuhi hukuman mati. Akan tetapi,berdasarkan daftar terpidana mati yang diterima Kejagung tidak ada satu pun narapidana dari kasus korupsi.

"Pada dasarnya kita hanya mengikuti apa yang diputuskan dan yang sudah ada di meja jaksa. Jika ada kasus korupsi yang harus dieksekusi mati, ya wajib dihukum mati. Tetapi kan sampai sekarang belum ada napi korupsi yang dihukum mati," ungkap Kapuspenkum Kejagung Tony Tribagus Spontana.

Sejauh ini narapidana korupsi tidak ada yang dijatuhi hukuman mati. Baik itu di tingkat pengadilan sampai di Mahkamah Agung. Adapun napi koruptor yang mengajukan kasasi ke MA antara lain adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Akan tetapi MA memutuskan memperkuat putusan pengadilan tinggi tingkat pertama dalam hal ini pengadilan tinggi tindak pidana korupsi dengan menjatuhkan vonis hukuman seumur hidup kepada Akil.

Jika melihat pada Pasal 2 Ayat 2 tentang Undang-undang Tindak Pidana korupsi Nomor 31 Tahun 1999 maka terpidana korupsi bisa dihukum mati berdasarkan keadaan tertentu. Yang dimaksud keadaan tertentu adalah apabila tersangka korupsi tersebut terbukti kuat salah satunya mencatut dana bencana alam.

Berikut bunyi Pasal 2 Ayat 2 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi :

UU No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi Bab II

Pasal 1. Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Pasal 2. Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 dilakukan dalam keadaan tertentu pidana mati dapat dijatuhkan

Pada penjelasan Pasal demi Pasal, Pasal I Angka 1 (Pasal 2 ayat 2)

Yang dimaksud dengan keadaan tertentu dalam ketentuan ini ialah keadaan yang dapat dijadikan alasan pemberatan pidana bagi pelaku tindak pidana korupsi yaitu apabila tindak pidana tersebut dilakukan terhadap dana-dana yang diperuntukkan bagi penanggulangan keadaan bahaya, bencana alam nasional, penanggulangan akibat kerusuhan sosial yang meluas, penanggulangan krisis ekonomi dan moneter dan pengulangan tindak pidana korupsi.Jika selama ini hanya hukum seumur hidup dan masih bisa bebas,para pelaku korupsi tidak akan jera.Maka dari itu tetapkanlah hukuman mati untuk koruptor,jika perlu buatkan peti matinya sekalian.Hukumitu harus tegas jangan mencla-mencle,hukum jangan hanya tajam kebawah dan tumpul keatas.
LIKE & SHARE

0 Response to "Siap eksekusi jika ada koruptor yang divonis mati,tapi nyatanya tidak ada"