Ukraina mengatakan pemberontak pro-Rusia mencoba untuk menghancurkan bukti kecelakaan

Ukraina pada hari Sabtu menuduh gerilyawan pro-Rusia menghancurkan bukti di lokasi kecelakaan jet Malaysia yang menenggak di timur yang dikuasai pemberontak telah menarik kecaman global Kremlin.

Pemimpin dunia marah menuntut kerjasama penuh Rusia dengan apa yang cepat menjadi probe monumental menantang ke penembakan turun dari penerbangan Kuala Lumpur-terikat dari Amsterdam dengan 298 orang dari hampir selusin negara.

Menteri Transportasi Malaysia juga menyatakan alarm atas "indikasi bahwa bukti penting belum diawetkan di tempat" oleh milisi menjaga tempat terjadinya pembantaian terburuk sejak krisis di Ukraina pertama berbalik mematikan pada awal tahun ini.

Pemberontak didukung oleh dukungan diplomatik otot dari Kremlin telah menunjukkan beberapa tanda-tanda yang siap untuk bekerja sama dengan penyelidikan yang berpotensi menyalahkan mereka untuk menyerang Boeing 777 jet.

Sebuah tim hampir 30 pemantau internasional yang kembali untuk memeriksa reruntuhan bertemu dengan milisi yang memberi mereka akses ke hanya pinggiran lapangan Kalashnikov-menghunus - bunga matahari yang bergoyang menyembunyikan sisa-sisa dipotong-potong dari hangus dan membusuk mayat korban yang hidupnya dipotong singkat, Kamis.

Situs mengerikan telah berubah menjadi episentrum dari kebuntuan ala Perang Dingin antara Barat dan Moskow atas masa depan atas bekas negara Soviet perang bekas luka.

Pemerintah Ukraina mengeluarkan pernyataan marah  bahwa "teroris dengan dukungan Rusia berusaha untuk menghancurkan bukti kejahatan internasional ini."

Kiev menuduh pejuang milisi menolak untuk menyerahkan "kotak hitam" perekam data dan misterius bergerak 38 mayat ke kamar mayat di kota pemberontak yang dikendalikan dari Donetsk.

Pemimpin pemberontak Oleksandr Borodai mengatakan kepada wartawan bahwa milisi tidak pernah pulih perekam data dan membantah merusak barang bukti apapun.

Tapi dia juga menepis pengumuman sebelumnya oleh Kiev dari kedua belah pihak telah sepakat untuk membentuk zona penyangga 20-kilometer di sekitar lokasi di mana sisa-sisa pesawat MH17 menyentuh tanah.

"Itu tidak menjadi masalah," kata Borodai.

Komentarnya itu muncul hanya beberapa menit sebelum Berlin mengumumkan bahwa Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengeluarkan seruan bersama untuk sebuah komisi independen untuk memiliki akses langsung ke situs.

Putin dan Merkel "setuju bahwa, komisi independen internasional di bawah arahan ICAO (International Civil Aviation Organization PBB) harus segera memiliki akses ... untuk menjelaskan keadaan kecelakaan dan memindahkan korban,"
kata pemerintah Jerman.

Perselisihan diplomatik didampingi oleh pertempuran terganggu di Ukraina timur rustbelt - wilayah Rusia tujuh juta orang yang sebagian besar melihat lebih nasionalis dari negara yang terpecah-belah dengan ketidakpercayaan.

Pasukan Ukraina melaporkan mengambil kontrol penuh dari bandara utama kubu pemberontak dari Lugansk - seperti Donetsk "Republik Rakyat" sendiri - dan meluncurkan habis-habisan serangan terhadap dua kota-kota terdekat.

Pasukan pemerintah mengatakan mereka juga telah membentuk kontrol penuh dari bandara Donetsk untuk pertama kalinya sejak disita pada akhir Mei dalam serangan berdarah yang melihat milisi kehilangan lebih dari 40 pejuang - sebagian besar dari mereka warga negara Rusia.

Kiev mengatakan bentrokan terbaru menewaskan lima tentara dan melukai 20 lainnya.

Presiden AS Barack Obama dan para pemimpin utama dunia sekarang setuju bahwa jet Malaysia Airlines ditembak pada 33.000 kaki (10.000 meter) dengan rudal canggih darat ke udara yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak.

Kiev telah selangkah lebih maju dengan menuduh milisi menggunakan sistem Buk Rusia-dipasok ke bawah jet setelah membingungkan dengan transporter militer Ukraina.

Ukraina telah merilis rekaman apa yang dikatakan adalah panggilan  antara seorang komandan pemberontak dan seorang perwira intelijen Rusia karena mereka menyadari bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah pesawat jet penumpang.

Tapi Putin menyalahkan tragedi pada operasi militer tiga bulan Kiev dan mengatakan para pemimpin baru yang bertanggung jawab untuk keamanan di seluruh negara strategis - yang sejak tahun 1991 kemerdekaannya telah menandai garis patahan geopolitik antara Rusia dan Barat.

Moskow juga telah menarik kemarahan beberapa pemerintah 'dengan mempertanyakan mengapa jet dikemas terbang di atas zona tempur di tempat pertama.

Menenggak Pesawat datang kurang dari satu hari setelah Amerika Serikat mengeluarkan sanksi menghukum terhadap beberapa energi dan militer perusahaan yang paling penting Rusia - sebagian besar dari mereka dengan link ke Putin - dan mendesak para pemimpin Eropa lebih ragu-ragu untuk mengikutinya.

"Kami ingin Rusia untuk mengambil jalan yang akan menghasilkan perdamaian di Ukraina, tapi sejauh ini, setidaknya, Rusia telah gagal untuk mengambil jalan itu," kata Obama, Jumat dalam pidato khusus pada Ukraina.

"Saya pikir ini tentu akan menjadi wake-up call untuk Eropa dan dunia bahwa ada konsekuensi untuk eskalasi konflik di timur Ukraina."

Uni Eropa - banyak dari negara-negara anggotanya tergantung pada gas Rusia - mengambil jauh lebih sedikit langkah hukuman pada hari Jumat untuk membatasi beberapa investasi masa depan di Rusia dan meninggalkan pilihan terbuka untuk sanksi yang lebih luas.

US Department of Defense juru bicara Laksamana John Kirby mengatakan "strain mudah percaya bahwa (rudal) dapat digunakan oleh separatis tanpa adanya bantuan Rusia dan bantuan."

Putin menolak semua tuduhan menyediakan dana baik atau dukungan militer kepada pemberontak untuk menghukum para pemimpin pro-Barat baru di Kiev untuk penggulingan Februari presiden yang didukung Kremlin.

Komandan pemberontak juga membantah berada dalam kepemilikan dari setiap sistem Buk berfungsi - klaim yang bertentangan pengumuman sebelumnya mereka telah menyita beberapa dari tentara Ukraina.

Kiev telah merilis rekaman konon menunjukkan milisi mencoba untuk diam-diam mengirim satu unit Buk kembali melintasi perbatasan Rusia.

Menteri Pertahanan Ukraina Valeriy Geletey mengatakan pemberontak mungkin sistem Buk Rusia telah disita dari Ukraina selama aneksasi Maret atas semenanjung Laut Hitam Crimea.
LIKE & SHARE

0 Response to "Ukraina mengatakan pemberontak pro-Rusia mencoba untuk menghancurkan bukti kecelakaan"