Konflik Gaza: US menyerukan segera gencatan senjata

Kematian meningkat di Gaza dan Israel AS mendorong gencatan senjata 

Korban tewas di kedua sisi pertempuran Gaza melonjak Senin, para pejabat Palestina melaporkan nilai lebih tewas dan Israel mengumumkan tujuh lainnya tentara tewas - termasuk beberapa di tanah Israel. 


Sekitar 550 warga Palestina telah tewas, kata para pejabat Kementerian Kesehatan Gaza. Ini diketahui berapa banyak yang militan, tapi PBB memperkirakan bahwa 70% adalah warga sipil. Israel telah melaporkan puluhan teroris dibunuh oleh pasukannya. 


Secara total, 25 tentara Israel tewas, termasuk tiga diyakini tewas oleh api ramah. Tujuh tentara tewas Senin. Empat berada di tanah Israel, tewas akibat infiltrasi oleh pelaku Hamas, kata Angkatan Pertahanan Israel. 


Dua tentara yang ganda warga Israel-Amerika: California asli Max Steinberg dan Sean Carmeli, dari Pulau Padre Selatan, Texas, kata Departemen Luar Negeri AS. 


Dua warga sipil Israel juga tewas. Sistem pertahanan Iron Dome Israel membantu melindungi warganya dari serangan rudal. 


Rumah sakit Gaza dikupas 


Rumah sakit Shuhada Al-Aqsa di Gaza tengah dilanda penembakan, meninggalkan lima orang tewas - satu pasien dan empat kerabat, kata Kementerian Kesehatan Gaza. Hamas TV menunjukkan lantai atas rusak. 


Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni mengatakan kepada CNN bahwa laporan rumah sakit penembakan sedang diinterogasi, "dan kami akan membuat semua fakta yang ditemukan masyarakat." 


Pasukan Pertahanan Israel mengatakan penyelidikan awal menunjukkan bahwa cache rudal disimpan di sekitar langsung dari rumah sakit dan sasaran. "Korban sipil adalah keniscayaan tragis eksploitasi brutal dan sistematis rumah, rumah sakit dan masjid di Gaza," kata IDF. "Sementara IDF mengambil setiap tindakan yang mungkin untuk meminimalkan korban sipil, Hamas dan taktik yang disengaja atas embedding kegiatan teroris di dalam lingkungan perkotaan akhirnya bertanggung jawab." 


Israel juga menyalahkan Hamas atas kematian warga sipil lainnya di Gaza, mencatat bahwa kelompok itu telah mendorong orang untuk tinggal di rumah mereka meskipun peringatan berulang kali dari Israel sebelum serangan udara. Tetapi beberapa orang Palestina telah mengatakan mereka khawatir bahwa bahkan jika mereka meninggalkan mereka bisa menghadapi kekerasan yang sama di mana saja di Gaza. Lebih dari 83.000 warga Palestina telah mengungsi di fasilitas PBB. 


"Tidak ada yang aman dan tidak ada yang bisa melarikan diri di mana saja karena di mana-mana ditargetkan," kata Enas Sisisalem, seorang ibu dari dua yang tinggal di lingkungan Kota Gaza al-Remal. "Ketika kami mendengar penembakan anak-anak saya akan menangis." 


Israel menyerang 


Sebuah roket ditembakkan dari Gaza menghantam sebuah taman kanak-kanak, yang kosong pada saat itu, di kota Israel Sha'ar Hanegev, kata IDF. 


Lebih dari 2.000 roket telah ditembakkan ke Israel sejak awal Operasi Pelindung Edge, katanya. 


Hamas mengatakan Senin bahwa mereka telah membunuh tentara Israel dalam serangan dan bahwa para pejuang Hamas yang terluka. Ia juga mengatakan berhasil ditargetkan pasukan Israel di beberapa tempat. 


Israel menewaskan lebih dari 10 teroris Hamas yang memasuki negara itu melalui terowongan "untuk menyerang dua kibbutz berbeda," atau daerah-daerah komunal, "di mana petani mencoba untuk melakukan kehidupan sehari-hari mereka," kata juru bicara pemerintah Mark Regev CNN. 


"Kita akan melihat Hamas keluar dari ini secara substansial melemah, gudang mereka senjata berbahaya berkurang," Regev bersumpah Senin dalam sebuah wawancara dengan CNN Wolf Blitzer. "Mereka akan mengerti mereka tidak bisa menembak orang-orang kita dengan impunitas." 


Dalam pertemuan Minggu malam, anggota Dewan Keamanan PBB menyatakan "keprihatinan serius tentang meningkatnya jumlah korban," menurut presiden tubuh, Duta Besar Eugene-Richard Gasana Rwanda. 


Dan sebagai pertumpahan darah terus Senin, Presiden AS Barack Obama mengumumkan bahwa ia telah menginstruksikan Menteri Luar Negeri John Kerry untuk "mendorong penghentian segera permusuhan." Kerry tiba di Kairo pada hari Senin. Peta dari EastMap Tengah di Timur Tengah Netanyahu: Hamas menargetkan warga sipil Serangan Mengintensifkan di Gaza Kamera CNN menangkap serangan udara di Gaza 


Pembicaraan harus fokus pada kembali ke Gaza-Israel kesepakatan gencatan senjata November 2012, Presiden mengatakan di Gedung Putih. "Kami tidak ingin melihat lagi" kematian warga sipil di Gaza atau Israel, katanya. 


Hamas berbicara dengan negara-negara lain, tidak  dengan Mesir 


Israel telah mengecam Hamas karena menolak untuk mempertimbangkan usulan gencatan senjata yang dibuat oleh Mesir pekan lalu. 


Senior tokoh politik Hamas Izzat Risheq di Qatar mengatakan kepada CNN pada hari Senin bahwa Hamas tidak berbicara langsung dengan Mesir, tapi beberapa negara lain yang terlibat: Turki, Qatar, dan Kuwait. Pemimpin politik Hamas Khaled Meshaal perjalanan dari Qatar ke Kuwait pada hari Minggu, kata Risheq. 


Hamas menunda konferensi pers yang dijadwalkan, di mana Meshaal akan berbicara, karena pembicaraan yang sedang berlangsung, kata Risheq. 


Kerry mengatakan kepada CNN pada hari Minggu Amerika Serikat telah "menunjukkan kesediaan kita untuk mencoba untuk menangani masalah mendasar," tapi Hamas "harus maju dan menunjukkan tingkat kewajaran." 


"Tidak ada negara, tidak ada manusia, nyaman dengan anak-anak yang tewas, dengan orang-orang yang dibunuh, tapi kami tidak nyaman dengan tentara Israel dibunuh baik, atau dengan orang-orang yang meroket di Israel," katanya. 


Sementara tabah mendukung Israel dalam komentar publik, Kerry tampaknya kelepasan beberapa frustrasi ketika tertangkap mikrofon terbuka antara wawancara televisi Minggu. Setelah salah satu wakilnya menyebutkan jumlah korban terbaru dari Palestina, Kerry terdengar mengatakan, "Ini adalah neraka operasi pinpoint." 


Obama berbicara Minggu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, panggilan kedua dalam tiga hari. Obama menegaskan AS mengutuk serangan Hamas terhadap Israel "dan menegaskan kembali hak Israel untuk mempertahankan diri," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan. Obama juga "menimbulkan kekhawatiran serius tentang meningkatnya jumlah korban, termasuk peningkatan kematian warga sipil Palestina di Gaza dan hilangnya tentara Israel." 


PBB: airlift 'besar-besaran' berlangsung 


PBB mengirim pasokan ke Gaza dalam apa Chris Gunness, juru bicara badan PBB untuk pengungsi Palestina, digambarkan sebagai "airlift kemanusiaan besar-besaran." 


"Dalam beberapa hari mendatang, lebih airlifts dijadwalkan tiba di Amman, dari mana (badan PBB) akan truk bantuan ke Gaza untuk distribusi," katanya di Twitter. 


IDF, sementara itu, tweeted, "Sementara Hamas terus serangannya, ton barang mencapai Palestina di Gaza dari Israel," termasuk 148 truk makanan dan obat-obatan. 


Tentara Israel yang ditangkap? 


Hamas mengatakan hari Minggu telah menangkap seorang tentara Israel. "Dia adalah seorang tahanan, dan jika Zionis berbohong tentang korban tewas dan terluka, maka nasib prajurit ini adalah tanggung jawab mereka," kata juru bicara Hamas Abu Obeida. 


Tembakan dan sorak-sorai meledak di Gaza dalam perayaan jelas penangkapan prajurit. 


Duta Besar Israel untuk PBB kemudian membantah klaim itu. "Tidak ada tentara Israel yang diculik, dan rumor tidak benar," kata Ron Prosor. 


Tapi Senin pagi, pemerintah Israel mengatakan tidak yakin. 


"Itu hanya bisa Hamas keberanian. Kami sedang mencari ke dalamnya,"kata Regev. "Kami tidak meremehkan Hamas Hamas telah membangun sebuah mesin militer yang tangguh Kita melihat bahwa dengan roket ini bahwa mereka dapat menembak di pusat negara kita.Di Yerusalem dan Tel Aviv jaringan itu terowongan bawah Jalur Gaza, ada seluruh bawah tanah teror dunia ada di Gaza. Beberapa dari mereka bisa pergi ke Israel dan muncul di pihak kita perbatasan dengan tangan, dengan bahan peledak dan dapat menyebabkan pembunuhan dan kekacauan di pihak kita. Jadi kita mengambil ancaman Hamas sangat serius"
Jika klaim itu benar, hal itu akan menjadi "game changer segera karena itu akan mengubah apa yang Israel lakukan di tanah di sektor itu. Mereka akan mencarinya," kata analis militer CNN Letnan Kolonel Rick Francona. Tapi, ia menambahkan, "secara keseluruhan, strategi Israel tidak akan berubah. Mereka berkomitmen untuk misi ini." 


Pada tahun 2006, tentara Israel Gilad Shalit ditangkap. Ia dibebaskan sekitar lima tahun kemudian dalam pertukaran untuk lebih dari 1.000 tahanan Palestina. 


Hizbullah menjangkau Hamas 


Kelompok militan Libanon Hizbullah mengulurkan tangan untuk Hamas untuk mengekspresikan dukungannya Senin. 


Hassan Nasrallah, kelompok Sekjen, berbicara dengan pemimpin politik Hamas Khaled Meshaal, yang tinggal di Qatar. 


Nasrallah "memuji ketabahan penentang dan kreativitas mereka di medan perang, kesabaran besar rakyat dirugikan dari Gaza dan berdiri di belakang mereka perlawanan mereka," menurut terjemahan CNN pernyataan Hizbullah. 


Nasrallah juga berbicara dengan Ramadan Shallah, kepala Jihad Islam, kelompok militan Palestina lainnya, kata pernyataan itu. Shallah merupakan salah satu FBI teroris paling dicari.
LIKE & SHARE

0 Response to "Konflik Gaza: US menyerukan segera gencatan senjata"