Malaysia menuntut perlindungan lokasi kecelakaan MH17

Malaysia mengeluarkan permohonan untuk lokasi bencana MH17 di Ukraina harus dilindungi dari gangguan, mengatakan bukti sedang dikompromikan dalam apa yang disebut "pengkhianatan terhadap nyawa yang hilang."

Kekhawatiran yang meningkat atas integritas zona kecelakaan di dikuasai pemberontak timur Ukraina, dengan pemerintah di Kiev pada hari Sabtu menuduh Moskow membantu pemberontak separatis pro-Rusia menghancurkan bukti.

"Malaysia sangat prihatin bahwa lokasi kecelakaan belum  aman," kata Menteri Transportasi Liow Tiong Lai wartawan pada konferensi pers pada hari Sabtu.

"Integritas situs telah dikompromikan, dan ada indikasi bahwa bukti penting belum diawetkan di tempat."

Ukraina mengatakan para pemberontak menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines Kamis, menewaskan semua 298 jiwa.

Liow, yang meninggalkan untuk Kiev nanti Sabtu untuk bergabung pejabat Malaysia sudah ada dengan harapan membantu penyelidikan, yang disebut "bagi semua pihak untuk melindungi integritas dari lokasi kecelakaan, dan untuk memungkinkan penyelidikan lanjutan".

Dalam konferensi pers, Liow juga disebut komentar yang dilaporkan baru-baru ini oleh pejabat Eurocontrol bahwa 75 penerbangan terbang jalan yang sama seperti MH17 dalam dua hari sebelum kejadian.

Dia mengatakan penerbangan MH17 "tidak pernah tersesat ke wilayah udara terbatas."

"Jalur penerbangan MH17 adalah jalan napas utama yang sibuk, seperti jalan raya di langit. Ini mengikuti rute yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan internasional, yang disetujui oleh Eurocontrol, dan digunakan oleh ratusan pesawat lain. Ini terbang di set ketinggian, dan dianggap aman, dengan kontrol lalu lintas udara setempat, "katanya.

Sebuah pernyataan pemerintah Ukraina mengatakan pemberontak pro-Rusia telah dihapus 38 mayat ke kamar mayat di kota pemberontak yang dikendalikan dari Donetsk di mana "spesialis dengan aksen Rusia jelas" adalah untuk melakukan otopsi.

Ia juga mengatakan pasukan separatis yang memblokir akses ke situs untuk peneliti Ukraina dan pengamat internasional.

"Teroris dengan dukungan Rusia berusaha untuk menghancurkan bukti kejahatan internasional ini," katanya.

Seorang kru AFP di tempat kejadian kecelakaan Sabtu mengatakan bahwa pemberontak bersenjata mencegah wartawan dari mengakses situs dan menembak di udara untuk memperingatkan mereka kembali.

"Kegagalan untuk menghentikan gangguan tersebut akan menjadi pengkhianatan terhadap nyawa yang hilang," kata Liow.

Malaysia Airlines pada Sabtu dirilis apa yang disebut penghitungan akhir dari mereka yang tewas, mengatakan 192 warga Belanda, 44 Malaysia, dan 27 warga Australia termasuk di antara yang tewas.

Jumlah yang lebih kecil dari Indonesia, orang Inggris, Jerman, Belgia, dan negara lain juga yang naik.

Sebuah tim Malaysia termasuk dua penyelidik kecelakaan udara tiba di Kiev awal Sabtu, beberapa jam setelah Perdana Menteri Najib Razak menyerukan akses ke kecelakaan MH17.

Najib mengatakan ia berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui telepon Jumat malam untuk menekankan bahwa "situs tidak boleh dirusak," kantor berita nasional Bernama.

Amerika Serikat mengatakan Boeing 777 ditembak jatuh oleh sebuah rudal yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak, seorang korban mungkin pertempuran Ukraina dengan gerilyawan pro-Rusia.

Bencana yang terjadi  sangat mengejutkan Malaysia, masih bergulat dengan trauma 8 Maret hilangnya Malaysia Airlines penerbangan MH370 dengan 239 penumpang dan awak kapal, termasuk 38 warga Malaysia.

"Salah sasaran, yang melakukan kekejaman ini?" terkemuka berbahasa Melayu harian Utusan Malaysia mengatakan dari MH17 di halaman depan Sabtu, menggemakan nada  surat kabar terkemuka dan media sosial Malaysia.

Dalam pidato kepada bangsanya Jumat, Najib menuntut keadilan jika ditentukan bahwa pesawat itu ditembak jatuh, mengutuk apa yang ia sebut sebagai "tidak manusiawi, beradab, kekerasan dan tidak bertanggung jawab".

Ia mengatakan negara mayoritas Muslim akan mengadakan duduk darurat parlemen - yang diharapkan Rabu - untuk melampiaskan kemarahan Malaysia atas bencana, dan bahwa semua bendera di negara ini akan dikibarkan setengah tiang.

"Tentu saja ada kemarahan. Kenapa harus ini terjadi hanya untuk kita (di) Malaysia? Saya benar-benar merasa seperti  bahwa Rusia, Vladimir Putin," kata Mohamad Shidee Mohamad Ghazali, 28, seorang tukang las dengan negara perusahaan utilitas Tenaga Nasional.

PNS Nor Azizah Johar, 31, kata teman masa kecilnya Mohamad Ali Mohamad Salim adalah kapal penerbangan. Mereka telah merencanakan untuk bertemu selama liburan mendatang Idul Fitri Islam.

"Saya terkejut bahwa insiden semacam itu bisa terjadi," katanya.

"Saya serahkan pada Allah. Apa yang bisa kita lakukan? Kami hanya pion dalam masalah ini."

Tertegun pemimpin dunia telah mendesak penyelidikan penuh, yang dapat lebih lanjut mengipasi api konfrontasi Rusia dengan Ukraina, yang terburuk krisis Timur-Barat sejak Perang Dingin, jika pemberontak pro-Rusia ditemukan bertanggung jawab.
LIKE & SHARE

0 Response to "Malaysia menuntut perlindungan lokasi kecelakaan MH17"