Mesir meledakkan empat terowongan

Empat warga Palestina tewas dan 10 lainnya terluka setelah pasukan keamanan Mesir meledakkan empat terowongan di bawah perbatasan dengan Gaza.

Polisi Palestina menyalahkan pasukan keamanan Mesir untuk membunuh orang-orang Palestina dengan menghancurkan terowongan saat mereka bekerja di dalamnya, Reuters melaporkan pada hari Rabu.

Para pejabat keamanan Mesir telah mengakui mereka menghancurkan empat terowongan utara perbatasan Rafah dengan Gaza.

Tiga orang meninggal karena menghirup asap dan keempat meninggal akibat luka yang diterima dari puing-puing terbang.

Saksi Palestina juga mengatakan ledakan di sisi Mesir terowongan menyebabkan gua-in.

Palestina telah sebagian besar bergantung pada terowongan untuk mengimpor makanan dan bantuan penting lainnya ke Jalur Gaza sejak Israel memberlakukan blokade ketat atas Jalur Gaza setelah Hamas mengambil alih wilayah tersebut pada Juni 2007.

Namun, Israel dan Mesir menuduh orang Palestina menggunakan terowongan untuk menyelundupkan senjata ke wilayah itu.

Lebih dari 120 warga Palestina tewas dalam gua-in atau terbunuh oleh serangan Israel di terowongan sejak Israel dan Mesir menutup Gaza sekitar tiga tahun lalu.

Mesir kini membangun tembok dengan kedalaman bawah tanah 30 meter (100 kaki) dan panjang 10 kilometer (enam mil) di sepanjang perbatasan Rafah.

Penghalang dilaporkan telah menghancurkan banyak terowongan di sepanjang perbatasan yang pernah menjabat sebagai penyelamat penting bagi wilayah miskin di mana 1,5 juta warga Palestina tinggal.
LIKE & SHARE

0 Response to "Mesir meledakkan empat terowongan"