Tercekik dalam ruangan bawah,Hujan Bom Israel


Tiga minggu sebelum serangan ini, saya memiliki kesempatan yang ditunggu-tunggu untuk menghabiskan seminggu di Tepi Barat yang diduduki dan 1948 wilayah (sekarang Israel). Aku ingin menulis tentang pengalaman yang luar biasa ini hidup dan tawa, tapi sekarang saya menulis tentang kematian dan kesedihan.

Dua hari sebelum serangan, aku harus melakukan perjalanan ke Jenewa untuk berpartisipasi dalam program pelatihan sekolah musim panas dan saya telah mempersiapkan selama tujuh bulan dan yang menyelesaikan hari ini. Aku memesan dua penerbangan baik dari Mesir dan Yordania, namun gagal keduanya. Israel tidak pernah menyetujui izin saya untuk melakukan perjalanan melalui Erez pos pemeriksaan di utara Gaza, meskipun saya diterapkan tiga kali, dan Rafah, perbatasan darat selatan dengan Mesir,secara konsisten telah tertutup. Saya tidak menghadiri kursus, meskipun saya masih menerima email yang berhubungan dengan itu.

Sebaliknya, saya hidup dalam perang ini.

Tidak Bisa Jadi Kemungkinan

Berita tentang perang menjulang di Gaza berada di udara sebelum dimulai pada tanggal 8 Juli. Saya bekerja untuk sebuah organisasi non-pemerintah internasional dan pada hari Senin, 7 Juli koordinator wakil lapangan kami mengadakan pertemuan darurat untuk membahas rencana darurat organisasi, tanggap darurat dan "keselamatan" prosedur yang staf harus mengikuti.

Salah satu prosedur ini adalah untuk mengambil semua barang-barang penting Anda. Saya tidak menganggapnya serius dan hanya berpikir bahwa ia melebih-lebihkan. Kami memiliki perang hanya dua tahun yang lalu - tidak bisa mungkin untuk memiliki satu sama lain begitu cepat, terutama karena masih ada gencatan senjata antara Hamas dan Israel dan yang terakhir telah menghadapi konfrontasi kritis dengan pemuda Palestina di Tepi Barat dan 1948 wilayah.

Tampaknya pikiran saya tidak memproses instruksi koordinator lapangan wakil dan hanya menguburkannya di alam bawah sadar saya. Saya sengaja meninggalkan laptop saya di kantor. Jangan menganggap saya sebagai orang yang ceroboh, biasanya saya tidak. Mungkin itu angan-angan saya bahwa hari berikutnya akan seperti biasa seperti sebelumnya. Atau mungkin itu adalah pembangkangan pribadi bisa dijelaskan dari ketakutan saya sendiri.

"Dancing" Rumah

Pada hari Selasa, 8 Juli di 3:10, aku terbangun dengan kenyataan.

Aku melompat dari tempat tidur sebab rumah mengguncang - atau, lebih tepatnya, mulai "menari," seperti dijelaskan itu - sebagai hasil dari serangan udara besar. Kata pertama yang saya diucapkan ketika tiba-tiba membuka mata saya, adalah "khalas [itu ​​saja], itu adalah perang." Aku bergegas untuk membuka account Facebook saya dan menulis kalimat yang sama.

Saat saya menulis kata-kata ini, serangan udara besar menghantam sebuah rumah di lingkungan kami. Meskipun tidak dekat dengan rumah saya, saya melihat dinding kita retak di depan mata saya. Tariq, adikku sepuluh tahun, mengatakan kepada saya, mengacu pada musim dingin Israel 2008-09 dan November 2012 serangan gencar di Gaza, "Ayah, sebagian besar dinding rumah kami baru saja retak - ini tidak terjadi di dua perang sebelumnya , kan? "

Israel secara sistematis menargetkan rumah-rumah. Hal ini jelas. Jumlah rumah dihancurkan, bersama dengan jumlah yang tewas dan terluka, meningkat begitu cepat sehingga aku merasa tidak mungkin untuk menulis. Rumah kami seperti manusia, dan Israel membunuh mereka bersama dengan kenangan dari segala sesuatu di dalamnya. Ini adalah pembunuhan massal, dan itu mengingatkan saya pada garis Mahmoud Darwish puisi: "hal-hal kita mati seperti kita, tetapi mereka tidak bisa dikuburkan dengan kami."

Aku menulis sebuah kalimat dan kemudian saya meninggalkan komputer dan seluruh ruangan.

We Love Hidup

Apa yang paling menakutkan adalah persepsi normalitas dan keakraban perang dari Gaza. Itu terjadi pada tahun 2009, 2012 dan sekarang pada tahun 2014, tetapi seharusnya tidak menjadi norma.Tidak boleh berpikir bahwa warga Palestina di Gaza telah terbiasa perang. Kami mencintai kehidupan.

Ibrahim al-Batsh menulis di Twitter pada 26 Juni: "Saya akhirnya selesai ujian SMA saya, dan saya berdoa untuk sukses setelah semua kerja keras ! Tolong doakan saya dan semua siswa. "

Pada tanggal 15 Juli, Selasa lalu, semua hasil dari ujian SMA diumumkan, termasuk Ibrahim. Tapi ia, bersama dengan 18 martir lain, tidak akan pernah mengenal mereka. Dua hari sebelum pengumuman banyak-diantisipasi, Ibrahim, bersama-sama dengan ibunya, ayah dan 15 anggota lainnya dari keluarga mereka, dibunuh oleh rudal Israel.

Siswa lain, Belal Abu Yousef, memperoleh 95 persen pada ujian nya. Alih-alih menerima ucapan selamat, ia menerima belasungkawa dari kemartiran kedua saudaranya, Ahmad dan Muhammad.

Negara Teror

Apa yang kita alami adalah terorisme negara. Beberapa hari yang lalu, ibu saya ingin mengunjungi nenek saya, yang tinggal di dekatnya. Tariq, saudaraku, memintanya untuk tidak meninggalkan rumah. Dia berteriak, "Bu, jangan pergi keluar. Hal-hal yang meningkat, belum dapat mendengar pemboman ?! Tidak bisakah kau melihat berita? "

Kita semua tidak bisa tidur, terutama pada malam hari. Empat jam setelah invasi darat diumumkan pada hari Kamis, aku merasa sangat lelah. Aku mencoba untuk tidur. Tapi begitu saya menutup mata saya, saya mulai membayangkan sebuah rudal menembus langit-langit tidak membunuh saya, tapi menyebabkan saya cacat seumur hidup. Itu adalah perasaan yang mengerikan dan aku tidak bisa tertidur. Jujur, saya selalu menganggap diriku sebagai orang yang kuat. Sekarang, saya mencari sedikit kekuatan saya.

Selama sebelas hari terakhir, aku cukup kuat untuk menjawab Tariq ketika ia bertanya tentang genangan darah di gambar dia melihat di halaman Facebook saya. Saya katakan kepadanya itu adalah foto dari darah sapi yang disembelih, tapi sebenarnya itu adalah darah anak-anak di Gaza usia yang sama atau bahkan jauh lebih muda dari dia.

Sementara itu, teror sedang kita alami sedang dijelaskan dalam eufemisme. Ambil contoh "atap mengetuk" teknik yang digunakan oleh militer Israel. Istilah "rudal peringatan" telah sangat banyak digunakan baik dalam percakapan santai dan dengan media berarti bahwa warga sipil Palestina sedang memperingatkan serangan yang akan datang, memberikan kesan palsu moralitas tentara Israel. Istilah yang benar adalah "bimbingan rudal" karena fungsi sebenarnya adalah untuk menginstruksikan Angkatan Udara Israel di mana untuk memukul. Hal ini disediakan oleh kamera pengintai digunakan untuk mengkonfirmasi sasaran yang dituju. Setelah satu menit, paling banyak, rumah diratakan.

Pada saat penulisan ini, kita berada dalam hari kedua belas serangan pembunuh ini, dan kaki saya tidak tahan untuk menahan saya lagi. Kita semua mengambil tentang gencatan senjata, atau gencatan senjata - atau dengan kata akurat, menghentikan agresi Israel. Kami menantikan untuk mendengar itu diumumkan. Sebaliknya, kami mendengar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan awal invasi darat.

Kami Tahu

Tapi kita tahu dari invasi tanah sebelum pengumuman resmi. Kami mendengar suara tembakan Israel  di TV dan media sosial kita melihat gambar anak-anak tanpa kepala. Dan sebelum semua itu, kami mendengar suara drone semakin keras dengan cara gila, seolah-olah mereka berada di steroid.

Suara dan volume mereka telah menjadi indikator bagi kita untuk apa yang akan datang. Pagi-pagi Kamis, setelah menyatakan lima jam "gencatan senjata kemanusiaan," Aku hampir tidak bisa mendengar suara drone untuk pertama kalinya sejak awal serangan. Sekarang mereka menusuk telingaku.

Saya selalu merenungkan drone ini selama hari-hari serangan. Kadang-kadang, ketika saya tidak tahan berada di dalam rumah, saya akan pergi ke atap dan menonton mereka sementara ayahku akan memanggil saya turun karena mereka dapat menargetkan kita (pada hari Kamis, tiga anak dari keluarga Shuhaibar di lingkungan Sabra Kota Gaza tewas saat mereka bermain di atap mereka).

Saya melihat drone dan memikirkan apa pesawat mewakili di tempat lain. Di sana, mereka adalah sarana transportasi yang memfasilitasi kehidupan masyarakat. Di sini, di Gaza, mereka adalah sumber konstan bahaya karena dapat membunuh Anda jika mereka mengidentifikasi Anda sebagai ancaman, jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada yang bisa Anda bayangkan.

Sementara itu, Gaza sekarang dalam kegelapan mutlak dengan sebagian besar rumah tangga yang menerima hanya sampai empat jam listrik per hari sebagai pemboman Israel telah rusak parah infrastruktur listrik. Pada malam hari, satu-satunya sumber cahaya berasal dari flare artileri menerangi langit sebagai orang yang sedang dibantai. Aku bahkan tidak akan dapat melihat tulisan ini diterbitkan. Saya merasa saya sekarat tanpa listrik. Bagaimana kita akan menghabiskan hari-hari panjang dan malam terjebak di rumah kita tanpa itu?

warga Palestina kerumunan menjadi roti Kota Gaza selama singkat "gencatan senjata kemanusiaan" sebelum invasi darat Israel, 17 Juli.

Kembali ke "gencatan senjata kemanusiaan," itu adalah layak disebut bahwa kita telah mencekik dalam ruangan. Orang tidak meninggalkan rumah mereka. Meskipun Ramadhan dan orang biasanya berbelanja dan berdoa di masjid-masjid selama bulan suci ini, mereka belum melakukan hal yang sama tahun ini.

Banyak masjid, jalan-jalan dan bahkan taksi telah ditargetkan oleh Israel. Aku belum pernah di luar kecuali selama "gencatan senjata kemanusiaan" sebagai organisasi internasional saya harus memberikan bantuan darurat kepada masyarakat yang terkena dampak. Dalam perjalanan, saya melihat banyak orang yang meninggalkan rumah mereka selama jam-jam tersebut. Mereka menyiapkan persediaan pada makanan, menarik uang dari bank dan check-in di keluarga - meskipun mereka tahu bahwa gencatan senjata dengan Israel hampir tidak bisa dipercaya.

Itu tepat selama jam terakhir dari gencatan senjata ini bahwa Israel menyerang area di Khuzaa, sebelah timur Khan Younis.

Seluruh hidup Anda terasa terbalik. Dalam saat seperti itu, Anda tidak tahu kapan Anda dapat tidur dan kapan Anda akan bangun. Rasa waktu menjadi sama sekali berbeda. Menit dan detik mungkin (belum) memisahkan Anda dari kehidupan dan kematian, antara orang yang dicintai dan hantu mereka, antara rumah dan mengambil foto di samping puing-puing tersebut.

Mengambil Daya

Kita semua berdoa agar kita tidak menjadi salah satu nomor Gaza. Setelah bertahan 2008-09 serangan di Gaza, di mana aku merasa begitu tak berdaya, aku bergabung dengan gerakan Palestina untuk memboikot, divestasi dan sanksi (BDS) dari Israel, memberi saya rasa baru optimisme dan rasa kekuasaan. Saya juga selamat dari serangan kejam di Gaza pada tahun 2012.Sekarang saya hidup dalam kengerian Israel 2014 yang bertepatan dengan ulang tahun kesembilan dari panggilan BDS dan ulang tahun kesepuluh dari Mahkamah Internasional Kehakiman deklarasi ilegalitas tembok apartheid Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Tidak hanya kebrutalan Israel mengintensifkan gerakan BDS tumbuh, mereka juga menghancurkan ilusi bahwa  setelah lebih dari dua puluh tahun "proses perdamaian" - Israel memiliki niat perdamaian.

Kami tidak ingin setengah atau seperempat dari keadilan. Kami butuh keadilan lengkap yang setara dengan jumlah darah, kerusakan dan kerugian yang kami derita di Jalur Gaza.

Ayah Bashir memegang gelar master dalam politik global dari London School of Economics dan Ilmu Politik (LSE). Dia adalah anggota dari panitia yang berbasis di Gaza untuk boikot, divestasi dan sanksi terhadap Israel dan pendukung One Demokrat Negara Group. Dia contribtued artikel ini ke Palestina Chronicle.com. (Artikel ini awalnya diterbitkan dalam Intifada Electronic).
LIKE & SHARE

0 Response to "Tercekik dalam ruangan bawah,Hujan Bom Israel "