Pelajar China gendong temannya selama 3 tahun kesekolah


Ada seorang pelajar dijuluki sebagai "pelajar paling baik di China" selama tiga tahun terakhir dia menggendong teman sekelasnya karena lumpuh supaya temannya tersebut bisa bersekolah.

Kisah Xie Xu (18), secara sukarela membantu teman sekelasnya Zhang Chi (19), menyeruak luas ke media sosial China dan mendapatkan sorotan dari media setempat.

Wakil kepala sekolah SMA Daxu di Xuzhou, provinsi Jiangsu, tempat kedua pelajar tersebut sekolah, Guo Chunxi menggambarkan kisah ini sebagai kisah yang menginspirasi dan sangat menyentuh.

Guo mengatakan Xie memberikan contoh nyata ketika dia membantu Zhang, yang menderita muscular dystrophy, adalah kondisi yang membuat otot-otot tubuh seseorang perlahan-lahan melemah.

"Mereka bukan keluarga dan bukan juga kerabat, tapi Xie secara sukarela mau melakukannya selama tiga tahun terakhir," ungkap Guo.

"Dia (Xie) adalah pelajar terbaik. Dia memberikan pengaruh yang positif kepada para pelajar lain, yang juga akhirnya ikut membantu Zhang. Dengan bantuan teman-temannya ini, Zhang tidak pernah tidak masuk sekolah," ungkap Guo.

Gambar kedua teman ini berangkat ke sekolah menyebar di media sosial China Weibo dan banyak menerima pesan dukungan dari masyarakat. Namun sayang, Xie dan Zhang tidak akan bepergian bersama lagi dalam waktu yang tidak lama lagi.

Menurut media setempat, Xie sudah mendaftar untuk melanjutkan studi ke Institut Politeknik Nanjing dan Xie sudah melakukan wawancara dengan pihak politeknik pada tanggal 23 April yang lalu.

Dalam waktu satu bulan, Zhang juga akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Apabila keduanya ini lulus maka kedua teman ini akan segera berpisah. Walaupun kisah ini sudah banyak menginspirasi orang, tapi muncul pertanyaan bagaimana nasib Zhang ketika berpisah dengan sahabatnya Xie.
LIKE & SHARE

0 Response to "Pelajar China gendong temannya selama 3 tahun kesekolah"