Awal mula batu akik jadi primadona di Indonesia


Kisah Batu akik sekarang hampir menjadi pemberitaan di media-media. Dari harga yang sangat mahal, sampai para kolektor batu akik yang menyerang berbagai pameran, dan sampai-sampai menggali batu akik di tempat-tempat tertentu.

Kejadian ini menjadi sangat luar biasa karena hampir semua lapisan masyarakat menggilai batu mulia tersebut. Dan hal-hal yang tidak pantas pun dilakukan untuk mendapatkan batu akik, contohnya saja dengan melakukan penambangan secara sembarangan, bahkan mencuri batu nisan untuk dijadikan batu akik.Sungguh terlalu.

Bagaimanakah awal mula batu akik bisa menjadi sangat fenomenal di negeri kita Indonesia ini...? Sebenarnya batu akik dengan berbagai macam jenis sudah sejak lama digunakan oleh para masyarakat Indonesia.

Katanya batu akik ini jadi semakin naik daun setelah Presiden Indonesia kita yang lalu, bapak Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) memberikan hadiah berupa batu akik jenis bacan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pemberitaan akhirnya meluas sampai pada akhirnya publik nasional dan internasional juga tahu bahwa SBY dan Obama sama-sama menggunakan batu akik jenis bacan. Tapi, SBY dalam hal ini belum ada mengeluarkan statement.

Batu bacan berasal dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Daerah Bacan memang dikenal dengan penghasil batu cincin. Sebelum jadi batu cincin, batu bacan harus dicari yang mempunyai warna khusus.

Batu bacan mempunyai beragam warnanya, dan katanya suhu tubuh manusia dapat memengaruhi keindahan batu bacan tersebut.

Selain SBY dan juga Obama, katanya Sultan Hasanal Bolkiah raja Brunei juga menggunakan batu bacan.

Setelah batu bacan jadi terkenal, batu akik dari jenis batu-batu yang lain juga ikut ramai dicari oleh para kolektor batu akik, sampai akhirnya masyarakat awam kini turut serta menyukai batu-batu akik.
LIKE & SHARE

0 Response to "Awal mula batu akik jadi primadona di Indonesia"