Penyebab Cantengan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Cantengan Dan Cara Mengatasinya

Apa sebabnya kita bisa cantengan?

Kuku kita pada mulanya tumbuh dari sebuah kantong kecil dibagian bawah kulit pangkal kuku yang biasa disebut matriks. Matriks kuku ini bertugas untuk memproduksi sel kuku baru. Sel kuku ini kemudian mendorong kelompok sel kuku yang lama keluar dari kulit. Yang perlu saudara tau, sebenarnya kuku yang berada diatas punggung jemari yang bisa kita lihat dan juga sentuh adalah sel kuku yang sudah mati.

Berikut ini cara mudah mengatasi cantengan

1. Jangan menggunakan sepatu hak tinggi atau sempit
Sepatu hak tinggi dan sepatu sempit bisa menghambat sembuhnya cantengan. Jika saudara mau kuku kaki cantengannya cepat sembuh, saudara harus menghindari pakai sepatu hak tinggi dan sepatu yang sempit. Dengan memakai kedua sepatu tersebut dapat memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki cantengan. Apabila saudara tetap memakainya, maka sakit akan terus muncul dan cantengan akan sembuh lebih lama. Oleh karena itu, sebaiknya saudara menggunakan sandal atau alas kaki yang longgar sampai cantengannya sembuh.

2. Menggunakan cuka apel

Tips mengobati cantengan adalah dengan menggunakan cuka apel sebagai obat. Saudara bisa mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka apel kedalam air hangat untuk merendam kaki kurang lebih selama 20 menit. Walaupun belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari cuka apel sebagai obat cantengan alami, banyak ahli yang menduga bahwa cuka apel sebagai obat cantengan alami.Banyak ahli yang menduga bahwa cuka apel  sebagai obat cantengan alami. banyak yang menduga bahwa cuka apel mempunyai sebagai obat cantengan alami. Bahwa banyak ahli yang menduga bahwa cuka apel mempunyai sifat antiseptik, anti nyeri, dan anti radang sehingg bisa mengatasi cantengan.

3. Rendam dengan menggunakan air garam
Cara ini sangat gampang sekali, saudara cukup merendam kuku cantengan kedalam air garam hangat kurang lebih 15 menit untuk 3-4 kali sehari. Selama direndam, saudara bisa menggunakan cotton bud untuk perlahan mendorongkulit agar menjauhi kuku air. Air hangat juga bisa meringankan kulit agar menjauhi kuku. Air hangat juga bisa meringankan rasa sakit dan juga pembengkaka akibat cantengan.

4. Gunakan kain kasa atau kapas

Kapas dan kassa aman untuk cantengan. Dengan menaruh gumpalan kapas dibawah batas kuku, ternyata bisa jadi cara mengobati cantengan. Cara tersebut dapat membantu menggeser kuku saudara yang cantengan untuk tumbuh kearah yang benar. Ambil sepotong kapas atau kain kasa yang berukuran kecil dan gulung. Letakkan kapas atau kain kasa tersebut dibawah kuku yang masuk kedalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku. Hal ini akan mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Mungkin cara ini membuat saudara merasa tidak nyaman dan menimbulkan sedikit rasa sakit, namun cukup efektif untuk mengurangi rasa ngenyut dibagian yang cantengan.
LIKE & SHARE

0 Response to "Penyebab Cantengan Dan Cara Mengatasinya"