Istilah Tanggal Kedaluarsa pada Kemasan Makanan Yang Harus Anda Ketahui

Istilah Tanggal Kedaluarsa pada Kemasan Makanan Yang Harus Anda Ketahui

Mencari tahu arti tanggal pada suatu kemasan

Guna mengetahui kapan makanan atau minuman yang akan kamu konsumsi itu kedaluwarsa, biasanya kalian akan mendapati tanggal yang tercantum pada suatu kemasan. Best before, use by, sell by, dan exp. ialah beberapa istilah yang paling umum dipergunakan. Apa sebenarnya arti dari tulisan tersebut?

1. Best before (sebaiknya digunakan sebelum)

Best before menunjukkan kualitas. Yang artinya adalah, makanan atau minuman sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi setelah tanggal yang tertera, namun rasa dan teksturnya mungkin sudah berubah.

Kualitas produk mungkin akan berkurang, terutama jika cara penyimpanannya tidak sesuai instruksi. Tanggal best before biasanya tercantum pada makanan kaleng, makanan beku, sampai makanan kering.

2. Expires by, expiration date atau exp.
Artinya kalian harus membuang produk tersebut apabila sudah melewati batas tanggal yang tertera. Sebab tanggal yang tercantum menandakan masa akhir kalian bisa menikmati produk tersebut.

3. Sell by

Sell by menunjukkan bahwa produk masih bisa dikonsumsi meskipun sudah melewati tanggal yang tertera, namun kualitasnya atau rasa dan kesegarannya sudah berkurang.

Istilah yang ini sebetulnya merupakan panduan untuk sipenjual guna menjual produk hanya sampai tanggal tersebut. Kemudian, barang akan ditarik dari peredaran. Maka dari itu, pembeli harus membeli produk sebelum tanggal tersebut berakhir.

4. Use by

Biasanya tanggal ini tercantum pada kemasan makanan yang gampang busuk, misalnya salad siap saji ataupun daging. Istilah ini menunjukkan tingkat keamanan produk. Makanan atau minuman bisa dikonsumsi sampai tanggal yang tertera. Sesudah itu, segeralah buang meskipun masih tampak bagus atau tidak bau.

Petunjuk Menyimpan Makanan
Selain memeriksa tanggal kedaluwarsa, kalian juga harus mengikuti petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan supaya makanan dan minuman tetap berkualitas baik.

Berikut ini petunjuk cara menyimpan makanan :

  • Sesudah dibeli, sebaiknya segera simpan produk kedalam kulkas apabila tidak langsung diolah. Jika akan disimpan untuk jangka waktu yang lama, simpanlah di dalam freezer.
  • Secepatnya olah makanan setelah dikeluarkan dari kulkas atau freezer.
  • Hindarilah membeli makanan yang kemasannya sudah rusak.
  • Jenis sereal relatif masih aman untuk dikonsumsi beberapa minggu setelah lewat tanggalnya. Cuma saja lemak pada sereal sudah teroksidasi sehingga rasanya tidak akan seenak sebelumnya.
  • Pada umumnya telur aman disimpan di dalam kulkas selama 3-5 minggu.
  • Susu yang sudah melewati proses ultra-pasteurisasi bisa bertahan sampai beberapa bulan. Namun, jangan diminum apabila sudah berubah rasanya.
  • Yoghurt masih bisa dikonsumsi setelah tanggal kedaluwarsa sebab mikroba sudah dimatikan dalam proses pasteurisasi. Cuma rasanya bisa jadi lebih tajam. Akan tetapi, buang yoghurt jika sudah lewat sebulan dari tanggal kedaluwarsa.

Pada umumnya, makanan akan lebih cepat kedaluwarsa apabila disimpan terlalu lama pada suhu yang kurang tepat. Bakteri yang mungkin terkandung di dalamnya bisa menyebabkan keracunan apabila dikonsumsi.

Produk-produk makanan atau minuman bisa jadi masih terlihat dan berbau enak walaupun sudah lewat tanggal kedaluarsanya. Oleh sebab itu, janganlah lupa untuk selalu memeriksa tanggal kedaluarsa pada kemasan sebelum kalian membeli dan mengolah makanan atau minuman.
LIKE & SHARE

0 Response to "Istilah Tanggal Kedaluarsa pada Kemasan Makanan Yang Harus Anda Ketahui"