Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

1. Nebulizer di rumah sakit

Melalui terapi ini bayi bisa mendapatkan terapi obat berbentuk uap yang berguna untuk mengencerkan dahak. Termasuk dengan memberikan cairan garam fisiologis yang bertujuan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

2. Dengan cara menepuk-nepuk punggung bayi

Caranya :
- Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap atau telungkup
- Tepuk punggung kanan dan kiri bayi dengan perlahan
- Letakkan bayi pada posisi miring ke kiri atau ke kanan
- Kemudian tepuk pada bagian dada samping bayi secara lembut

Apabila dahak atau lendir yang ada pada bayi cukup banyak, biasanya setelah ditepuk-tepuk pada bagian punggung dan dada sampingya  si bayi akan memuntahkan dahak yang ada di dalam tubuhnya. Akan tetapi, bisa juga dahak tersebut sudah mengencer, luruh kemudian masuk kedalam saluran pencernaan. Dengan begitu dahak bisa terbuang lewat kotoran si bayi.

3. Menggunakan daun sirih

Cara mengeluarkan dahak pada bayi menggunakan daun sirih yang sudah terlebih dahulu dipanaskan. Daun sirih dalam keadaan hangat setelah dipanaskan  tersebut harus ditempelkan ke dada dan punggung si bayi. Biarkan hangat dari daun sirih membantu si bayi mengencerkan dahak dan membuangnya lewat kotoran.

4. Uap air panas, dengan atau tanpa minyak kayu putih

Siapkan baskom yang berisi air hangat, bisa juga dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih ataupun tidak. Letakkan baskom itu di dekat si bayi sehingga ia bisa menghirup uap yang dihasilkan air hangat tadi. Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini mirip dengan terapi uap yang berguna untuk mengencerkan dahak sekaligus untuk membuka saluran hidung si bayi yang tersumbat. Dan bisa untuk melegakan tenggorokannya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada Bayi"