Bagaimana Cara Membedakan Gemuk Sehat dan Gemuk Tidak Sehat

Bagaimana Cara Membedakan Gemuk Sehat dan Gemuk Tidak Sehat
Berat badan berlebih sangat tidak nyaman dan lebih rentan berisiko mengalami obesitas. Akan tetapi, ada saat kondisi berat badan berlebih yang tidak meningkatkan resiko diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan juga pembuluh darah.

"Resiko lebih besar pada yang gendut dengan tumpukan lemak pada bagian pinggang. Tumpukan lemak visceral ini sangat jahat dan mengakibatkan masalah serius seperti perlemakan hati". ini menurut dokter ahli endokrinologi dr Dyah Purnamasari S, SpPD-KEMD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

"Yang paling bahaya ialah lemak visceral yang mengakibatkan lingkar pinggang membesar. Untuk lemak subkutan yang berada di bawah kulit cenderung lebih mudah dikendalikan."

Lemak subkutan banyak terdapat pada bagian belakang lengan, paha, dan bokong yang mempengaruhi produksi estrogen pada laki-laki dan juga perempuan. Contoh lainnya ialah adalah lemak subkutan putih yang berfungsi menyimpan kalori dan memproduksi adipnektin, yaitu hormon yang membantu kerja hati dan otot mengatur insulin.

Meskipun tidak semua tumpukan lemak berisiko menurunkan kesehatan, tapi lebih baik apabila berat badan tidak berlebih. Berat badan sesuai dengan Indeks Massa Tubuh dapat diperoleh dengan penerapan pola hidup sehat yaitu tidak merokok, rajin olahraga, cukup makan buah-buahan dan sayur dengan nutrisi yang seimbang seimbang.
LIKE & SHARE

0 Response to "Bagaimana Cara Membedakan Gemuk Sehat dan Gemuk Tidak Sehat"