7 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

Apakah saudara tahu yang namanya buah sukun...? Buah sukun adalah salah satu buah yang hidup di daerah tropis, namun banyak orang yang tidak mengetahui manfaatnya. Buah sukun ini sering dianggap sepele, yang ternyata buah sukun ini banyak mengandung manfaat untuk kesehatan kita. buah sukun ini bisa mengobati beberapa macam penyakit yang berbahaya, seperti diabetes dan kanker.

Nama lain buah sukun adalah buah roti sebab mempunyai bentuk yang mirip dengan roti.

Buah sukun mempunyai karbohidrat yang tinggi, tidak heran kalau buah sukun ini menjadi pengganti nasi.

Buah sukun ini satu varietas dengan buah nangka, mulberry, ara dan juga kenari. Sukun pada umumnya tumbuh di daerah tropis seperti di Filipina, Sri Lanka, Indonesia dan India Selatan.
Di dalam buah sukun ini terkandung senayawa fenolik seperti flavanoid, stilbenoid, arilbenzofuron, dan Jacalin, lektin.

Buah Sukun juga mengandung vitamin E dan K, mangan dan tembaga, dan beberapa mineral penting lainnya.

Ilmuwan di Vietnam sudah melakukan penelitian, bahwa senyawa yang ada dalam ekstrak metanol daun sukun 100 persen dapat membunuh sel kanker pankreas pada manusia.

Sedangkan ilmuwan di Cina, menemukan senyawa chanyon geranyl, isolespeol dalam buah sukun dapat menginduksi atau mencegah perkembangan liposarkoma. Liposarkoma adalah jenis kanker yang langka, yang muncul dalam sel-sel lemak di jaringan lunak seperti di dalam paha. Selain mematikan sel kanker, ada beberapa manfaat yang lain dari buah sukun untuk kesehatan.

Berikut ini contohnya.

1. Mengobati diabetes

Buah sukun banyak mengandung serat yang bisa membantu mengendalikan diabetes.
Serat tersebut bermanfaat untuk menghambat penyerapan glukosa dari makanan yang kita makan.

2. Kesehatan jantung

Buah sukun sangat kaya akan kalium, nutrisi yang ramah jantung.
Kalium bisa meminimalkan efek natrium sehingga mengatur denyut jantung dan mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

3. Produksi kolagen

Buah sukun kaya akan vitamin C, dan buah sukun mampu membantu produksi kolagen yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit. Dengan mengkonsumsi jus buah sukun secara teratur bisa membantu meratakan warna kulit dan mengencangkan kulit.

4. Menyembuhkan Asam Urat
 

Bukan cuma buahnya saja, daun sukun yang kering dimasukan pada air mendidih, tambahkan dan sedikit gula merah atau madu akan menghasilkan rebusan untuk penyembuhan asam urat.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh


Buah sukun memiliki jumlah antioksidan yang dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Dengan meningkatnya resistensi tubuh, maka bisa membuat saudara tidak mudah sakit.

6. Mematikan Sel Kanker
 

Beberapa senyawa yang terkandung dalam buah sukun mampu mematikan perkembangan sel kanker. Khususnya sel kanker pankreas dan sel liposarkoma.

7. Detoks Usus

Buah sukun kaya akan serat yang tinggi  yang bisa menjadi alternatif dimasukan dalam menu diet saudara. Jumlah kalori yang baik dapat membantu saudara mencapai diet yang baik. Serat yang banyak tersebut juga bisa membantu saudara yang memiliki masalah buang air besar menjadi lancar. Termasuk juga detoks untuk usus Saudara.


LIKE & SHARE

0 Response to "7 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan"