Sering konsumsi sayuran mentah juga tidak menyehatkan


Saat ini Demam raw food atau mengkonsumsi makanan mentah sedang mewabah. Banyak saran kesehatan yang mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan mentah terutama sayuran akan memberikan Anda lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan mengkonsumsi sayuran yang sudah dimasak. Alasannya, karena pada saat sayuran belum dimasak maka nutrisinya tidak hilang oleh panas dari proses pemasakan.

Tapi benarkah semua sayuran mentah aman dan baik untuk dikonsumsi...? kenyataannya, sebuah penelitian menemukan fakta yang berlainan. Penelitian dari Birmingham City University ini menjelaskan bahwa tidak semua sayuran mentah baik dan juga aman untuk dikonsumsi.

"Tomat, bayam, wortel, asparagus, dan jamur adalah sayuran yang jauh lebih baik untuk Anda konsumsi setelah dimasak daripada dikonsumsi secara mentah," ungkap Mel Wakeman, nutrisionis dari universitas ini.
"Serat yang ada di dalam tumbuhan sering mengikat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara proses pemasakan yang menghasilkan panas membantu untuk melepaskan mineral tersebut dan kemudian memberikan manfaat pada tubuh. Contohnya, proses pemasakan akan meningkatkan proses pelepasan likopen dalam tomat sehingga bisa mengurangi resiko kanker prostat," jelasnya."Sedangkan bayam kaya akan zat oksalat, zat besi, dan kalsium yang mampu dilepaskan secara sempurna melalui proses pemasakan."

"Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa memasak sayuran dengan waktu yang lama. Karena nutrisinya bisa hilang. Perhatikanlah cara Anda memasak. Jangan sampai Anda merebus atau menumisnya sayuran dengan waktu yang terlalu lama."
LIKE & SHARE

0 Response to "Sering konsumsi sayuran mentah juga tidak menyehatkan"