Jokowi-Ma'ruf Habiskan Dana Rp601,3 M untuk Kampanye Pilpres

 Jokowi-Ma'ruf Habiskan Dana Rp601,3 M untuk Kampanye Pilpres

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin menghabiskan dana Rp601,3 miliar untuk dana kampanye selama Pilpres 2019.

"Total penerimaan TKN adalah Rp606,7 miliar. Lalu pengeluarannya itu sebesar Rp601,3 miliar," kata Bendahara TKN Sakti Wahyu Trenggono saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (2/5).

Trenggono menyebut pengeluaran terbanyak untuk biaya operasional kampanye. Pos anggaran tersebut menyedot biaya Rp597,9 miliar.


Jokowi dan Ma'ruf, kata Trenggono, tak mengeluarkan sepeser pun.

Dana kampanye Jokowi-Ma'ruf, ujar Trenggono, berasal dari beberapa sumber. Rinciannya, kata Trenggono, dari parpol-parpol koalisi ada Rp79 miliar, dana sumbangan kelompok sebesar Rp251 miliar.

Kemudian sumbangan jalur perseorangan ada Rp21,8 miliar yang bersumber dari 252 orang. Sementara kucuran uang terbesar berasal dari sumbangan perusahaan.

"Perusahaan sejumlah Rp253,9 miliar, itu terdiri dari 40 perusahaan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Trenggono tak menampik kucuran dana yang besar dari perusahaan bakal memengaruhi keputusan Jokowi jika terpilih kelak.

"Ya pasti dong (memengaruhi kebijakan kelak), tapi memengaruhi dalam arti positif, untuk kemajuan rakyat supaya bisa hebat," ujar dia.




Sumber : cnnindonesia
LIKE & SHARE

0 Response to " Jokowi-Ma'ruf Habiskan Dana Rp601,3 M untuk Kampanye Pilpres "