Santap ikan tongkol, 36 karyawan kosmetik keracunan


Puluhan karyawan PT Martina Berto di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, mengalami keracunan. Diduga, para karyawan keracunan setelah menyantap makan siang yang disediakan katering perusahaan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, siang tadi. Perusahaan produk kecantikan tersebut memang biasa memberikan makanan secara prasmanan untuk seluruh karyawannya yang dipesan dari salah satu tempat katering di daerah Rawamangun.

"Kejadiannya pas makan siang. Habis makan siang sebagian karyawan langsung pada pusing, gatel, dan mual," kata Fahrul, salah satu saksi mata saat ditemui di RS Antam Medika, Jakarta Timur, Kamis (7/8).

Menurut Fahrul, saat tengah menyantap makan siang itu, puluhan karyawan merasakan mual. Diduga, menu ikan tongkol jadi penyebab puluhan karyawan kosmetik itu dilarikan ke Rumah Sakit.

"Sepertinya dari Ikan Tongkol. Soalnya yang sakit ini semua makan ikan tongkol. Yang tidak makan baik-baik saja," jelasnya.

Mengetahui hal tersebut, pihak perusahaan langsung membawa karyawannya ke Rumah Sakit Antam Medika dan Rumah Sakit Harapan Jayakarta untuk dilakukan pemeriksaan. "20 Karyawan dirawat di RS Antam Medika dan 16 lagi di RS Harapan Jayakarta. Dari jumlah itu, 7 karyawan harus mendapat perawatan intensif," ucap Fahrul.

Fahrul mengatakan, peristiwa ini baru pertama kali terjadi selama perusahaan memesan makanan dari tempat katering di wilayah tersebut. "Baru kali ini sampai terjadi keracunan. Makanan tadi berupa nasi, ikan laut, sayur kacang bihun, kerupuk," kata Fahrul.

Sementara itu Kapolsek Pulogadung, Kompol Lilik Irianto mengatakan, saat ini dirinya sudah melakukan pendataan terhadap korban keracunan tersebut. Untuk menindaklanjuti kasus tersebut, saat ini sampel makanan yang dimakan para karyawan sudah dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan.

"Saat ini kami data dulu korbannya, lalu kami cari tahu kronologinya, baru kita bisa menentukan langkah ke depannya," pungkasnya.

Sumber
LIKE & SHARE

0 Response to "Santap ikan tongkol, 36 karyawan kosmetik keracunan"