Saksi 01: 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' itu untuk Mengagetkan

Saksi 01: 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' itu untuk Mengagetkan

Tim Jokowi-Ma’ruf Amin menghadirkan saksi bernama Anas Nasikhin dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres di MK. Anas merupakan panitia dari Training of Trainee (TOT), acara pelatihan saksi yang sempat disinggung oleh saksi Prabowo-Sandi, Hairul Anas Suaidi.

Dalam kesaksiannya, Anas menjelaskan pernyataan 'kecurangan adalah bagian dari demokrasi’ yang ada dalam materi presentasi adalah bagian dari strategi. Tujuannya untuk menarik perhatian agar pelatihan tidak membosankan.

“Jadi gini, materi ini harus dipahami secara utuh. Kalau yang mulia lihat di slide itu dan slide selanjutnya itu sengaja ditulis gitu untuk mengagetkan dan menarik perhatian,” ujar Anas saat sidang di MK, Jakarta Pusat, Jumat (21/6).

Anas mengatakan pernyataan tersebut tidak bisa dipahami tanpa memahami seluruh keutuhan materi pelatihan. Maksud dari pernyataan kurang lebih, menurut Anas, adalah untuk mengingatkan para saksi agar berhati-hati dalam menghadapi kecurangan pemilu.

“Tujuannya kita ingatkan kecurangan itu niscaya, kita enggak mau menuduh siapa pun tapi itu niscaya. Oleh karena itu kita sampaikan di pemilu yang akan datang,” kata Anas.

Saksi 01: 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' itu untuk Mengagetkan

Sebelumnya, salah satu saksi Prabowo-Sandi Hairul Anas Suaidi menceritakan pemaparan mengenai kecurangan yang dibawakan saat pelatihan saksi (TOT) TKN dalam sidang pemeriksaan saksi di MK, Rabu (19/6).

"Saya mendapatkan materi pelatihan 2 hari itu. Di mana ingatan saya juga ada slidenya pertama adalah ada satu slide materi kecurangan bagian dari demokrasi, materi ini diupload ke suatu drive dan ditayangkan pada saat Bapak Moeldoko kalau tidak salah," ujar Hairul.

Hal inilah, kata Hairul, yang merupakan caleg PBB itu, yang membuatnya akhirnya memilih paslon Prabowo-Sandi. Pada akhirnya, Anas memutuskan untuk melaporkan apa yang dilihatnya dalam pelatihan TKN tersebut kepada BPN.

"Ini ganggu saya. Pada akhirnya saya bantu 02, sehingga saya konsultasi dengan teman-teman 02. Apakah ini bisa menghentikan perhitungan, kondisi yang carut marut dalam hal penegakan hukum," tutur Hairul. Dikutip dari kumparan.com.
LIKE & SHARE

0 Response to "Saksi 01: 'Kecurangan Bagian dari Demokrasi' itu untuk Mengagetkan "