Ramai Sel Mewah Novanto, Fahri Usul Ada Kamar Asmara untuk Napi

Ramai Sel Mewah Novanto, Fahri Usul Ada Kamar Asmara untuk Napi

Hasil inspeksi mendadak (sidak) Ombudsman RI ke Lapas Sukamiskin, Bandung, ditemukan masih adanya sel mewah termasuk milik Setya Novanto. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengusulkan perlu ada kamar asmara bagi narapidana di dalam lapas.

Usul disampaikan Fahri karena ia juga baru-baru ini meninjau Lapas Sukamiskin, menyusul adanya kasus jual beli fasilitas di lapas tersebut. Namun bukan sel mewah yang kemudian disoroti Fahri, melainkan kebutuhan napi akan kamar asmara.

"Itu sudah menjadi catatan temuan yang lalu. Kayaknya pada perlu kamar asmara," ujar Fahri saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (15/9/2018).

Saat disinggung soal sel Novanto yang luas, Fahri kembali menyinggung soal kamar asmara. Ia menyebut akan memanggil Ombudsman untuk meminta penjelasan lebih lanjut mengenai hasil temuan sidak.

"Itu mungkin penyebab ada kamar yang lebih besar. Kamar asmara itu HAM. Itulah yang kita mau dengar temuan Ombudsman biar jelas," jelas Fahri.

Ramai Sel Mewah Novanto, Fahri Usul Ada Kamar Asmara untuk Napi

Ia tak banyak mengomentari soal sel mewah Setya Novanto yang merupakan eks Ketua DPR RI itu. Fahri justru menuding KPK yang menjadi alasan adanya keistimewaan bagi orang-orang tertentu di lapas.

"Saya lihat di Sukamiskin itu kalau orang yang suka mondar-mandir ke KPK biasanya mereka punya keistimewaan," tuturnya.

Seperti diketahui, Ombudsman mendapati sel Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. Berdasarkan foto yang diterima detikcom, kamar eks Ketum Partai Golkar itu tampak luas.

Ada meja dan rak buku di kamar tersebut. Selain itu, ada exhaust fan dan kloset duduk di kamar mandinya. Terdapat ranjang kasur besar, lengkap dengan seprai dan selimut mewah.

Kondisi ini sangat berbeda dengan kamar napi lainnya di Lapas Sukamiskin. Pada foto yang lain, terlihat sebuah sel yang ukuran kamarnya jauh lebih kecil. Tak tampak tempat tidur busa, melainkan hanya kasur tipis. Bahkan ada sel yang hanya ada dipan, tanpa kasur.

Ruangan yang luasnya hanya sekitar 2x1,5 meter itu jadi satu dengan jamban. Tak ada kloset duduk di kamar itu. Kondisinya sangat mengenaskan.


Sumber
LIKE & SHARE

0 Response to "Ramai Sel Mewah Novanto, Fahri Usul Ada Kamar Asmara untuk Napi"