Ternyata kulit bawang sangat bermanfaat, silhkn dibaca sampai habis




Semoga bermanfaat
Bawang sekaligus kulitnya (terutama bawang merah) memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral. Selain Sebagai bumbu masak dan memberikan manfaat pada manusia, dia juga bisa bermanfaat untuk tanaman lhoo...
Sebenarnya pada bawangnya kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi, namun karena bawangnya kita gunakan untuk memasak dan sekarang2 ini harganya lumayan mahal, agak sayang ya kalau bawangnya dipakai untuk pesnab atau pupuk. Jadi cukuplah kita memanfaatkan limbahnya untuk membantu berkebun. Jadi tidak ada yg dibuang dari bawang2an yg kita beli. Habis ini gak usah buru2 beli bawang sekilo dan dikupasin yaa, nanti capek.
Siapkan saja wadah kering didapur dan kumpulkan kulit bawangnya setiap hari, setelah beberapa hari bisa mulai percobaan.
1. Sebagai Pestisida nabati karena mengandung acetogenin dan flavonoid yang bisa merusak sistem pencernaan serangga, sehingga serangga bisa keracunan. Caranya, masukkan kulit bawang ke wadah botol, isi air 3/4 botol dan diamkan beberapa hari (jangan lupa buka tutup botol untuk membuang gas). Setelah jadi tinggal saring dan semprotkan ke tanaman yg terserang hama. Ampasnya bisa masuk komposter atau diletakkan pot tanaman.
2. Sebagai pupuk alami karena mengandung Hormon auksin, giberelin dan rhizokalin yang berguna sebagai ZPT (zat pengatur tumbuh). Nah kalau sebagai pesnab disemprotkan, kalau yang ini bisa digunakan untuk merendam stek batang sebelum ditancap ke media tanam (sebagai perangsang akar) atau bisa juga disiramkan ke media tanam tanaman kita, agar akar bisa menyerap zat2 dari larutan kulit bawang.
Mudah kann??? yuukkkk dicobaaa..
LIKE & SHARE

0 Response to "Ternyata kulit bawang sangat bermanfaat, silhkn dibaca sampai habis"