Waspadalah, berikut beberapa gejala Virus Zika

Ilustrasi
Baru-baru ini Dunia kesehatan dihebohkan dengan adanya penemuan baru, yaitu penyakit yang bernama Virus Zika.

Virus Zika tersebut bisa mengakibatkan sipenderitanya alami gejala seperti demam berdarah. Untuk kita yang belum mengetahui banyak tentang Virus Zika maka akan menyangka bahwa virus Zika tersebut ialah virus demam berdarah.

Virus Zika tersebut sebenarnya sudah ada semenjak 1947 di Uganda. Virus Zika dideteksi dari badan hewan endemik Uganda yakni kera. Dan ternyata virus ini bisa menular terhadap tubuh manusia. Serangan dari virus Zika ini semakin luas mulai dari negara-negara di Afrika, kawasan negara kepulauan Mikronesia, kepulauan Karibia, Amerika selatan, dan sampai di Jambi, sebuah propinsi di Indonesia yang sampai pada 2015.

Perkembangan virus Zika diawali melalui nyamuk Aedes aegypti yang masih satu jenis dengan virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan juga penyakit cikungunya. Gejala yang ditimbulkan mirip sekali seperti demam berdarah yakni demam tinggi, tulang dan persendian terasa ngilu, juga terasa lemas dan lesu.

Beberapa gejala yang membedakan virus Zika dan demam berdarah :

1. Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung paling tinggi hanya 38 derajat celcius. Sementara penyakit demam berdarah, demamnya bisa berlangsung sangat tinggi.

2. Jika di penyakit demam berdarah yang muncul adalah bintik-bintik merah sekujur badan, maka pada pasien penyakit Zika muncul beberapa ruam yang lebar dengan benjolan tipis. Terkadang ruam ini berubah warna menjadi merah tua.

3. Penderita penyakit Zika juga akan mengalami keluhan infeksi mata yaitu mata kemerahan disertai dengan munculnya ruam pada bagian dalam kelopak mata.

Maka dari itu kita harus selalu membiasakan hidup bersih, lingkungan yang bersih agar tidak jadi tempat berkembangnya penyakit.
LIKE & SHARE

0 Response to "Waspadalah, berikut beberapa gejala Virus Zika"